Cara Tangani Stuck Ide Desain ala Rinaldy Yunardi

    Sunnaholomi Halakrispen - 31 Oktober 2019 20:19 WIB
    Cara Tangani <i>Stuck</i> Ide Desain ala Rinaldy Yunardi
    Begini rahasia tangani stuck ide ala Rinaldy Yunardi. (Foto: Dok. Instagram Rinaldy Yunardi/@rinaldyyunardi)
    Jakarta: Ide merupakan hal paling penting bagi para desainer dan stuck ide pasti pernah terjadi. Termasuk untuk desainer Tanah Air, Rinaldy Yunardi, yang berhasil menyabet tiga penghargaan WOW (World of WearableArt) Awards 2019, Wellington, New Zealand.

    "Stuck ide pasti terjadi, itu normal. Kalau saya memang sangat mudah dapat ide dari ketemu siapa di jalan atau lagi apa, dapat ide. Apalagi karena saya sering berekperimen, bereksplor. Kalau stuck, gampang. tidur sebentar," ujar Yungyug, sapaannya, di Seia Menara Astra, Jakarta.

    Niscaya, mengistirahatkan diri dengan tidur sejenak bisa merelakskan pikiran. Ide pun bisa muncul setelahnya. Jika tidak berhasil, tontonlah film yang menarik atau bisa mengundang munculnya ide.

    Bisa juga dengan membaca buku atau melihat koleksi lama hasil desain yang sudah dikerjakan. Lihat mana yang masih kurang, kemudian itu yang disempurnakan.

    Solusi lain, kaya Yungyung, coba berbincang dengan teman yang juga berkecimpung di dunia fesyen. Ketika dipancing sedikit, maka bisa keluarlah ide itu.

    "Jadi buat saya berkarya itu tergantung dari hati kita. Bagaimana kita memberikan, kerelaan hati ini untuk karya. Saya sudah mencintai pekerjaan saya," akunya.

    Tantangan selain stuck ide ialah kesulitan dalam proses pengerjaan karya desain tersebut. Seperti karya The Lady Warrior oleh Yungyung yang memenangkan tiga kategori dalam lomba WOW 2019.

    Ia menggunakan bahan dari kertas daur ulang yang dibuat menjadi tali. Keputusan tersebut dipilihnya agar lebih kuat untuk selanjutnya ditenun atau dijadikan teknik anyam.

    "Biasanya kan menganyam dengan rotan, tapi saya menggunakan tali kertas daur ulang. Itu kesulitannya. Enggak gampang itu menganyam. Makanya hargailah, coba menganyam," paparnya.

    Desainer yang karyanya pernah digunakan oleh Kylie Jenner ini memaparkan bahwa dirinya turut serta dalam setiap proses pengerjaan karyanya. Meskipun, dibantu oleh staf-stafnya. Hal itulah yang membuat dirinya memahami apa saja kelemahan dan kelebihan dari karya desainnya.

    "Hargailah budaya Indonesia yang nilainya sangat luar biasa. Ini tradisi Indonesia yang tidak boleh dilupakan. Maka dari itu saya memenangkan juga nilai bahwa saya mengangkat budaya Indonesia selain alam," pungkasnya.



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id