Dunia Menurut Bayi

    Timi Trieska Dara - 08 September 2020 12:18 WIB
    Dunia Menurut Bayi
    Bayi Anda memproses banyak informasi dan menggunakannya untuk menjadi terikat dengan Anda. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Setiap orang tua menganggap bayinya jenius. Mungkin itu bukan klaim yang terlalu jauh ketika Anda mempertimbangkan jumlah yang mengejutkan yang diketahui bayi baru lahir.

    Indranya mulai berkembang saat dia masih dalam kandungan, dan berkembang dengan kecepatan yang luar biasa selama tahun pertama. Jauh dari sekadar kumpulan kecil yang tidak berdaya, bayi Anda memproses banyak informasi dan menggunakannya untuk menjadi terikat dengan Anda.

    Pendengaran

    Bayi Anda dapat mendeteksi suara pada trimester ketiga, jadi indra ini sudah berkembang sejak lahir. Dia akan mengenali suara-suara yang sudah dikenal-terutama suara Anda, karena dia paling sering mendengarnya di dalam rahim. Dia bahkan mungkin mengenali lagu dan cerita yang dia dengar selama enam minggu terakhir kehamilan Anda. 

    "Saat dia berusia 1 bulan, seorang bayi dapat membedakan antara suara tertentu, seperti 'pa' dan 'ba'," kata Michael Yogman, MD, seorang dokter anak di Rumah Sakit Mount Auburn, di Cambridge, Massachusetts, seperti dilansir Parents.

    Sekitar 6 bulan, dia bisa mengenali dan mulai menanggapi namanya. Ini juga saat bayi Anda mulai mengoceh dan menemukan suara lain yang dia sukai-suaranya sendiri!

    Suara yang bayi sukai

    1. Kebisingan. penyedot debu, radio statis, dan dengungan kipas - mengingatkan mereka pada suara desir yang menenangkan di dalam rahim.
    2. Nada tinggi. Suara nyanyian yang kita semua gunakan saat berbicara dengan bayi. Suara frekuensi rendah kurang menarik.
    3. Musik. Terutama lagu pengantar tidur dan lagu anak-anak.

    Anda mungkin mengira bayi Anda perlu keheningan agar bisa tidur, tetapi sebenarnya dia sudah terbiasa dengan suara (keras) tubuh Anda sejak ia berada di dalam rahim. Jadi, buatlah kebisingan saat dia tidur - dia mungkin tidur lebih nyenyak!

    Penglihatan

    Penglihatan adalah indra yang paling sedikit berkembang saat lahir. "Bayi baru lahir hanya dapat melihat sekitar 8 hingga 12 inci," kata Roni Leiderman, PhD, dekan Mailman Segal Institute for Early Childhood Studies di Nova Southeastern University, di Fort Lauderdale. 

    Lebih dari itu, dunia tampak seperti tempat yang sangat kabur bagi bayi Anda. Matanya belum bekerja sama sehingga dia tidak bisa fokus dengan baik. Tapi penglihatannya yang terbatas justru membantunya merasa terikat pada Anda. 

    "Bayi baru lahir dapat melihat cukup jauh untuk melihat wajah Anda saat Anda memberinya makan," kata Dr. Leiderman.

    Halaman Selanjutnya
      Pandangan Mata Bayi Baru…
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id