Bertengkar di Depan Anak Lebih Baik daripada Menahan Emosi

    Torie Natalova - 05 Januari 2019 08:00 WIB
    Bertengkar di Depan Anak Lebih Baik daripada Menahan Emosi
    Bertengkar di Depan Anak Lebih Baik daripada Menahan Emosi (Foto: gettyimages)
    Jakarta: Saat sedang emosi, menekan rasa marah bisa menjadi ide yang terbaik ketika situasi tidak mendukung untuk Anda meluapkannya. Tapi, bagi orang tua justru sebaliknya. Ada beberapa alasan untuk mengekspresikan diri secara terbuka di depan anak-anak Anda.

    Penelitian terbaru menemukan bahwa para ibu dan ayah yang secara aktif menekan perasaan frustasi dan amarah memberikan lebih sedikit bimbingan dalam tugas-tugas yang membutuhkan kerjasama atau berinteraksi. Tanpa sadar, kondisi tersebut mengirimkan stres kepada anak-anak.

    Sebaliknya, orang tua yang secara terbuka mengungkapkan perasaan mereka mengalami hasil yang jauh lebih baik. Penelitian ingin melihat bagaimana menekan emosi dan bagaimana itu mengubah cara orang tua dan anak-anaknya berinteraksi.

    Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang menahan perasaan marah dapat menjadi lebih marah dalam jangka panjang. Menekan emosi juga mungkin berkaitan dengan penyakit jantung, bahkan beberapa jenis kanker.

    Peneliti merekrut 109 ibu dan ayah yang ditempatkan dalam situasi penuh tekanan. Mereka menemukan bahwa orang tua yang menekan perasaan frustasi mereka menawarkan lebih sedikit interaksi. Anak-anak juga dilihat menjadi kurang responsif terhadap orang tua.

    Menariknya, efeknya jauh lebih signifikan pada ibu daripada ayah. Peneliti menduga ini mungkin karena pria lebih sering menekan emosinya, sehingga anak-anak tidak peka melihat ayah mereka sedang menggertakkan gigi atau marah.

    Sebagai alternatif untuk menyembunyikan perasaan Anda dan mengirimkan stres kepada anak-anak tanpa disadari, peneliti menyarankan menggunakan waktu yang penuh tekanan sebagai waktu untuk belajar. Ini secara tidak langsung dapat membantu anak-anak mengatur emosi dan menyelesaikan masalah.

    Anak-anak dapat melihat bahwa masalah dapat diselesaikan. Cara terbaik adalah memberitahu anak-anak bahwa Anda emrasa marah dan memberitahu mereka apa yang dapat dilakukan untuk memperbaiki situasinya.

     



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id