Penataan Kamar Tidur Terbaik agar Tidur Anda Lebih Lelap

    Anda Nurlaila - 11 Desember 2019 15:53 WIB
    Penataan Kamar Tidur Terbaik agar Tidur Anda Lebih Lelap
    Supaya tidur Anda lebih lelap, tatanan kamar tidur Anda penting untuk tidur yang lebih nyaman. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Banyak hal yang dapat mengganggu waktu tidur malam seperti minuman berkafein, stres, kebisingan, dan cahaya dapat memengaruhi kualitas tidur. Kamar tidur yang tenang dan nyaman dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik.

    Sebuah survei yang dilakukan oleh Sleep Junkie terhadap 1.000 orang bertanya kepada peserta tentang tata letak kamar tidur mereka sehubungan dengan tidur mereka.

    Mereka diperlihatkan berbagai pengaturan ruangan dengan berbagai furnitur dan diminta untuk memilih yang terbaik yang mewakili desain kamar mereka sendiri.

    1. Tatanan kamar

    Studi menemukan, pengaturan furnitur memengaruhi tidur seseorang. Tatanan kamar tidur yang paling baik adalah menempatkan kasur di tengah dinding interior, pintu berdekatan dengan tempat tidur, televisi di seberang tempat tidur dan jendela di samping tempat tidur. Ini adalah pengaturan terbaik untuk memeroleh tidur paling lelap dengan jumlah responden 75 persen.

    2. Penempatan tempat tidur

    Urutan kedua yang membuat penghuni tidur lebih baik memiliki tata ruang hampir sama tetapi tempat tidur berada di sudut ruangan dekat jendela.

    Penataan Kamar Tidur Terbaik agar Tidur Anda Lebih Lelap
    (Studi menemukan, pengaturan furnitur memengaruhi tidur seseorang. Jadi jangan ragu untuk mengorganisasi lagi unit di dalam kamar tidur Anda. Foto: Pexels.com)

    Penempatan tempat tidur di dinding interior, menghadap jauh dari jendela dan pintu membatasi cahaya dari luar atau lorong. Jika mengalami kesulitan tidur, mengubah posisi furnitur dalam kamar dapat memberi penyegaran instan pada kamar tidur.  

    Akan tetapi, sedikit kecerahan alami bisa menjadi cara cepat agar bangun. Jendela di samping tempat tidur dapat membantu mengingatkan otak Anda ketika saatnya untuk memulai hari.

    Pada saat menata ulang furnitur, Anda mungkin mempertimbangkan untuk membereskannya juga. Survei menemukan bahwa 73 persen responden dengan kamar tidur yang bersih melaporkan tidur lebih nyenyak dibandingkan 53 persen dari mereka yang memiliki kamar berantakan.

    Konsultan tidur The Peaceful Sleeper Christine Lawler, menjelaskan logika di balik ini. "Kamar yang berantakan menyebabkan stres. Pada gilirannya menyebabkan tidur tidak menyenangkan," katanya.

    "Saya memiliki tiga anak dan kamar saya selalu berantakan. Tetapi merapikan kamar saya bahkan sedikit saja dapat menenangkan pikiran dan membuat saya lebih santai," katanya. Membenahi kamar dapat membuat ketenangan instan di waktu istirahat Anda. Jadi, jangan lupa untuk membereskan tempat tidur ya.





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id