Sudah Punya Pasangan tapi Masih Kesepian, Ini Alasannya

    Kumara Anggita - 05 Februari 2020 15:05 WIB
    Sudah Punya Pasangan tapi Masih Kesepian, Ini Alasannya
    Ilustrasi-Unsplash
    Jakarta: Walaupun sebuah hubungan berjalan baik-baik saja, tetap ada momen ketika Anda merasa kesepian. Perasaan ini muncul karena berbagai faktor salah satunya adalah ketidakmampuan Anda untuk peduli terhadap diri sendiri.

    Bila Anda tak ingin terus dilanda perasaan kesepian, maka Anda perlu untuk mengetahui akar permasalahannya. Berikut beberapa alasan mengapa Anda merasa kesepian dalam suatu hubungan yang dilansir dari Bustle:

    Kurang komunikasi

    Komunikasi mempermudah segalanya termasuk hubungan. Bila Anda merasa kesepian, coba cek apakah komunikasi Anda dan pasangan berjalan dengan baik.

    Seorang Psikolog Dr. Justine Grosso, Psy.D., mengungkapkan bahwa penting untuk membahas kurangnya komunikasi, bagaimana perasaan Anda, apakah pasangan Anda merasakan hal yang sama, dan apa yang Anda berdua perlu lakukan untuk merasa lebih terhubung satu sama lain. Grosso menyarankan untuk membicarakan hal ini ketika Anda tenang dan tidak merasa kesepian sehingga Anda tidak secara tak sadar menyerang pasangan.

    Tak membangun koneksi

    Hal-hal yang menggembirakan seperti bermain, berbelanja, ke restoran baru bersama pasanganadalah hal yang sering dicari banyak orang. Namun sayangnya orang suka lupa untuk membangun hal yang lebih penting yaitu koneksi.

    Amy McManus, terapis perkawinan dan keluarga, memberi tahu bahwa dalam berhunungan Anda tidak boleh mengesampingkan koneksi. Cobalah luangkan waktu untuk hanya duduk di tempat tidur, berbicara, dan menjadi rentan satu sama lain.

    "Mulailah membuka diri tentang beberapa hal yang membuatmu khawatir tentang hidupmu atau diri Anda sendiri. Ini pasti akan mengarah ke perasaan yang lebih besar tentang hubungan dengan pasangan. Mereka akan mengenalmu jauh lebih baik, dan mereka kemungkinan akan lebih terbuka juga,” kata McManus.

    Tak memedulikan diri sendiri

    Jika merasa kesepian dalam hubungan Anda, penting pula untuk memeriksa diri sendiri. Menurut Small, kesepian Anda mungkin tidak semata-mata terkait dengan hubungan Anda. Sebaliknya, itu bisa mencerminkan kebutuhan untuk perawatan diri.

    "Pertimbangkan jika Anda mengalami gejala depresi," kata Jessica Small, LMFT, seorang penasihat pernikahan dan pelatih hubungan.

    Pikirkan hubungan Anda sebelumnya. Bila perasaan kesepian juga terjadi maka baiknya Anda konsultasikan pada terapis.

    Jaga kerahasiaan

    Menyimpan sesuatu dari pasangan atau menghindari berbicara tentang subjek tertentu bisa menjauhkan Anda dengan pasangan.

    "Beberapa mungkin merasa kesepian karena mereka kehilangan koneksi di sekitar topik tertentu (seperti berbicara tentang keuangan), yang kemudian dapat menyebabkan menghindari topik lain," ujar Dr. Ellen Ross, Psy.D., seorang psikolog.

    Untuk masalah ini, Ross menyarankan Anda mulai dengan mengatakan apa yang Anda pikirkan dengan keras. Misalnya: Saya perhatikan tidak ada di antara kita yang ingin berbicara tentang keuangan kita. Apakah Anda pikir kita harus mencoba?" Kemudian luangkan waktu untuk benar-benar membicarakannya.

    "Jika Anda tidak percaya diri untuk melakukan ini, mungkin sudah saatnya untuk memikirkan apakah Anda ingin berada dalam hubungan yang Anda miliki," kata Ross.

    Untuk mengobati kesepian, pastikan Anda memperbaiki hubungan emosional Anda dan pasangan. Komunikasikan apa yang Anda rasakan bila Anda masih ingin mempertahankan hubungan tersebut.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id