Lakukan Permainan Ini agar Anak tak Bosan di Rumah

    Raka Lestari - 03 April 2020 15:09 WIB
    Lakukan Permainan Ini agar Anak tak Bosan di Rumah
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Anjuran untuk melakukan social distancing dengan belajar atau bekerja dari rumah merupakan salah satu cara yang digunakan banyak negara, termasuk Indonesia demi mencegah penyebaran covid-19.

    Dan bagi anak-anak, yang pada usianya membutuhkan tempat untuk mengeksplorasi kemampuan, mungkin merasa kesulitan ketika harus berada di rumah dalam waktu yang cukup lama.

    “Orang tua perlu menjelaskan kepada anak dengan bahasa yang disesuaikan oleh usia anak mengenai covid-19 ini. Di beberapa media sosial bahkan ada visualisasi untuk anak-anak agar lebih mudah memahami mengenai virus ini,” ujar Jane Cindy Linardi, M.Psi, Psikolog di RS Pondok Indah – Bintaro Jaya.

    Jane juga menjelaskan agar anak-anak tidak merasa bosan, orang tua bisa mengajak anak-anak untuk melakukan aktivitas bersama-sama. Misalnya dengan bersama-sama membersihkan rumah dengan pembagian tugas masing-masing, memasak atau menyiapkan makanan bersama-sama.

    “Kegiatan cuci tangan bersama yang dilakukan secara disiplin juga bisa dilakukan, tentunya dengan mengikuti gerakan cuci tangan yang benar sesuai anjuran WHO. Belajar, bermain, menonton film anak bersama, atau membuat prakarya home made,” tambah Jane.

    Dan untuk mengajak anak-anak bermain, menurut Jane, ada banyak sekali variasi yang bisa dipilih oleh orang tua. Permainan olahraga sederhana seperti lempar tangkap bola, bulu tangkis di halaman, bowling yang dimainkan dengan menggunakan botol air mineral, dan lain-lain.

    “Sedangkan untuk anak-anak yang lebih kecil bisa dengan bermain sensory play dengan jelly, pasir, dan lain sebagainya. Bisa juga dengan membuat prakarya, misalnya membuat rumah-rumahan dari kardus bekas yang kemudian setelah selesai bisa di cat dengan cat air dan juga dihias,” saran Jane.

    Beberapa permainan lainnya yang bisa dipilih menurut Jane yaitu, bermain board games seperti ular tangga, ludo, scrabble word. Atau bisa juga dengan bermain teka teki silang dengan pertanyaan-pertanyaan dari materi pelajaran sekolah anak.

    Kemudian untuk pilihan permainan lain seperti yang berkaitan dengan kesenian, Jane menyarankan bisa memilih kegiatan menggambar atau melukis dan kegiatan bermusika. Seperti memainkan alat musik bersama dan bernyanyi.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id