Kenapa Anak Anda Manja Akhir-akhir Ini?

    Kumara Anggita - 02 Juni 2020 08:03 WIB
    Kenapa Anak Anda Manja Akhir-akhir Ini?
    Salah satu perubahan yang mungkin tak terlalu Anda sadari adalah saat anak Anda jadi lebih manja. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Dalam masa pandemi covid-19 ini banyak perubahan yang terjadi. Salah satu perubahan yang mungkin tak terlalu Anda sadari adalah saat anak Anda jadi lebih manja. Mereka jadi suka menempel dengan Anda.

    Hal ini bikin agak bingung, mengingat anak Anda umurnya juga tak begitu kecil lagi. Mengapa anak Anda sudah besar tapi masih berlaku seperti ini? Berikut penjelasannya dari Huffpost.

    Steven Meyers, seorang profesor psikologi di Roosevelt University di Illinois menjelaskan bahwa clinginess dapat menjadi fase perkembangan untuk bayi, balita dan anak-anak prasekolah. Usia itu adalah usia yang paling “khas”.

    Akan tetapi, akhir-akhir ini anak berusia lebih tua mungkin juga jadi terlihat lebih bergantung pada orangtuanya. Para ahli mengatakan bahwa regresi semacam itu tidak selalu mengejutkan. Hal ini terjadi biasanya karena mereka dalam tekanan.

    “Anak-anak yang lebih tua dapat mengalami kemunduran di bawah tekanan akut dan bertindak dengan cara yang tidak biasa untuk usia mereka saat ini,” kata Meyers.

    "Regresi ini adalah respons berbasis ancaman untuk meningkatkan keselamatan yang dirasakan, menerima kenyamanan, dan mengurangi kecemasan,” jelasnya.

    Jadi, bisa saja anak Anda saat ini tertekan karena keadaan covid-19. Hal ini bikin mereka cemas, tak merasa nyaman, dan ketakutan.

    Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang anak Anda yang sudah tak kecil lagi nampaknya sangat bergantung atau mundur dengan cara yang membuat Anda bingung,  para ahli menekankan pentingnya berbicara dengan dokter anak atau profesional kesehatan mental mereka.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id