Cara Menyimpan ASIP dan MPASI Saat Mudik

    Kumara Anggita - 31 Mei 2019 11:18 WIB
    Cara Menyimpan ASIP dan MPASI Saat Mudik
    Berikut ini cara menyimpan MPASI dan ASIP saat mudik. (Foto: Pexels.com)
    Dr. Frieda Handayani, SpA(K) memberikan tips ASIP dan MPASI selagi mudik. Salah satunya MPASI yang disimpan dalam kulkas seperti MPASI yang mengandung daging, telur, atau ikan baiknya dikonsumsi dalam waktu 24 jam. Sementara MPASI buah dan sayur dalam 48 jam. Tapi, jika tidak yakin dapat menjaga suhunya maka pilihalah MPASI fortifikasi komersial sebagai alternatif.


    Jakarta: Mudik adalah kegiatan yang meyenangkan namun mencemaskan. Banyak hal yang perlu Anda persiapkan agar Anda bisa bersantai-santai bertemu dengan keluarga.

    Mudik akan semakin ribet lagi ketika orang tua memiliki bayi yang memiliki banyak kebutuhan dan perlindungan. Salah satunya mempersiapkan dan menyimpan ASIP/Air Susu Ibu Perah dan MPASI/Makanan Pendamping ASI agar tidak basi.

    Berikut caranya oleh Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi dan Penyakit Metablolik, dr. Frieda Handayani, SpA(K).

    Ketahanan ASIP

    1. Dalam suhu ruangan, ASI hanya bisa bertahan dalam waktu empat jam.
    2. Jika Anda menyimpan di kulkas bawah dalam suhu kurang dari empat derajat celsius maka ASIP bisa bertahan tiga hingga lima hari.
    3. ASIP yang disimpan dalam freezer dengan suhu -18 derajat celsius bisa bertahan tiga hingga enam bulan.
    4. Sementara ASIP yang disimpan dalam freezer dengan suhu -20 derajat celsius bisa bertahan dalam waktu enam hingga 12 bulan.

    Cara Menyimpan ASIP dan MPASI Saat Mudik
    (Dr. Frieda Handayani, SpA(K) memberikan tips ASIP dan MPASI selagi mudik. Salah satunya MPASI yang disimpan dalam kulkas seperti MPASI yang mengandung daging, telur, atau ikan baiknya dikonsumsi dalam waktu 24 jam. Sementara MPASI buah dan sayur dalam 48 jam. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

    Cara menyimpan MPASI dan ASIP saat mudik

    1. Siapkan MPASI dan diamkan dalam waktu dua jam setelah jadi di dalam suhu ruang yaitu antara 4 hingga 60 derajat celsius.
    2. MPASI yang disimpan dalam kulkas seperti MPASI yang mengandung daging, telur, atau ikan baiknya dikonsumsi dalam waktu 24 jam. Sementara MPASI buah dan sayur dalam 48 jam.
    3. Segera pisahkan MPASI setelah selesai dimasak dan jangan berkontak dengan alat makan seperti sendok yang telah dimakan.
    4. Yakinkan ASIP dan MPASI berada dalam suhu yang direkomendasikan di atas.
    5. Jika tidak yakin dapat menjaga suhunya maka pilihalah MPASI fortifikasi komersial sebagai alternatif.

    Menyimpan MPASI dengan aman

    - Makanan-makanan tersebut harus disimpan dalam lemari pendingin dengan suhu kurang dari lima derajat celsius.
    - Simpan daging dan ikan dalam wadah plastik dan letakkan terpisah dengan makanan yang telah dimasak dan bahan-bahan siap makan.
    - Seluruh makanan harus disimpan sesuai dengan petunjuk penyimpanan yang tertulis pada kemasan dan tidak boleh digunakan setelah melewati tanggal kedaluwarsa.
    - Makanan yang seharusnya disimpan di lemari pendingin tidak boleh digunakan kembali setelah berada di luar lemari pendingin selama dua jam atau lebih.
    - Cairkan makanan beku yang ada di lemari pendingin menggunakan microwave. Makanan yang telah dimasak tidak baik untuk dibekukan kembali.

    Dengan seperti itu, Anda bisa menjaga MPASI Anda agar tidak cepat basi. Ini akan memudahkan dan menyamankan perjalanan mudik Anda. Selamat bermudik!





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id