Menikah bukan Prioritas Generasi Milenial?

    Dhaifurrakhman Abas - 07 Juni 2019 16:47 WIB
    Menikah bukan Prioritas Generasi Milenial?
    Kathy Cummings, wakil presiden senior dari solusi kepemilikan rumah dan program perumahan yang terjangkau di Bank of America mengatakan, kepemilikan rumah diterjemahkan sebagai sebuah kesuksesan pribadi bagi generasi milenial. (Foto: Pexels.com)
    Kathy Cummings, wakil presiden senior dari solusi kepemilikan rumah dan program perumahan yang terjangkau di Bank of America, mengatakan, ada beberapa alasan mengapa kaum muda memprioritaskan kepemilikan rumah di atas tujuan lain. Katanya, karena gagasan itu membuat mereka merasa lebih dewasa dan bertanggung jawab.


    Jakarta: Dunia korporat berkembang pesat mengikuti zaman. Demikian juga prioritas para profesional yang bekerja di dalamnya.

    Misalnya, berdasarkan penelitian Survei Millennial Global yang mengungkap perubahan mencolok dari prioritas tersebut. Survei mengatakan, alih-alih menikah, para profesional era sekarang lebih memilih menjadi lebih kaya atau membeli rumah.

    Pernyataan itu diugkapkan setelah para peneliti melakukan survei terhadap 13.416 pekerja profesional yang lahir antara 1983 hingga 1994. Mereka berasal dari 42 negara.

    Penelitian ini juga melakukan survei terhadap 3.009 peserta generasi-Z yang lahir antara 1994 hingga 2002. Para profesional muda ini berasal dari 10 negara berbeda.

    Melansir Times of India, penelitian ini dilakukan dalam rentang waktu delapan tahun. Kedua generasi memiliki ambisi dan prioritas yang sama yaitu ingin menjadi lebih kaya dan memiliki rumah.

    Kedua generasi juga berambisi melakukan perjalanan dunia serta membuat gebrakan baru yang dampak positif pada masyarakat. Sementara memiliki anak atau memulai keluarga berada pada prioritas terbawah.

    Kathy Cummings, wakil presiden senior dari solusi kepemilikan rumah dan program perumahan yang terjangkau di Bank of America, mengatakan, ada beberapa alasan mengapa kaum muda memprioritaskan kepemilikan rumah di atas tujuan lain. Katanya, karena gagasan itu membuat mereka merasa lebih dewasa dan bertanggung jawab.

    "Mereka memiliki keinginan untuk memiliki rumah dahulu sebelum memutuskan menikah dan memilimi sebuah keluarga," kata Cummings, seperti dikutip CNBC.

    Menikah bukan Prioritas Generasi Milenial?
    (Kathy Cummings, wakil presiden senior dari solusi kepemilikan rumah dan program perumahan yang terjangkau di Bank of America mengatakan, kepemilikan rumah diterjemahkan sebagai sebuah kesuksesan pribadi bagi generasi milenial. Foto: Pexels.com)

    Kesuksesan pribadi

    Cummings mengatakan, kepemilikan rumah diterjemahkan sebagai sebuah kesuksesan pribadi. Mengutip survei yang juga dia lakukan di Bank of America, memiliki rumah membuat profesional muda merasa mandiri dan mapan.

    "Selain membeli rumah, satu hal yang juga diperhatikan oleh kaum milenial adalah pensiun dini," ujarnya.

    Sayangnya, saat ini, sekitar dua pertiga generasi milenium sama sekali tidak menabung untuk masa pensiun. Berdasarkan laporan National Institute on Retirement Security tahun 2018, generasi milenial hanya memiliki tabungan rata-rata US$ 19.100 atau sekitar Rp271 juta.

    "Dana tersebut belum cukup untuk membeli rumah," ungkap dia.

    Namun, kata Cummings kedua generasi ini memiliki banyak informasi tersedia yang bisa mereka manfaatkan untuk mencapai tujuan hidupnya. Salah satunya belajar menata dana pensiun menjadi lebih baik.

    "Banyak orang percaya mitos tentang apa yang diperlukan untuk membeli real estate. Seperti gagasan bahwa Anda membutuhkan nilai kredit yang sempurna. Gagasan itu tidak benar," katanya.

    Dia yakin jika generasi muda selalu punya cara untuk mencapai tujuan hidup. Asalkan mereka berkomitmen pada diri dan dewasa dalam mengatur keuangan. Dengan begitu, dia yakin, siapapun bisa mendapatkan rumah impian.

    "Terkadang memang tidak mudah. Namun, asalkan Anda memiliki komitmen, Anda akan nampu mewujudkannya," tandas dia.





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id