Tempat Ular Suka Bertelur

    Kumara Anggita - 19 Desember 2019 06:03 WIB
    Tempat Ular Suka Bertelur
    Ular suka bertelur di tempat yang lembab.(Ilustrasi/Pexels).
    Jakarta: Dihampiri ular saja sudah bikin panik. Dan lebih parah lagi kalau sampai ularnya nyaman untuk bertelur. Ini akan menjadi malapetaka bagi beberapa orang.

    Karena itu, pastikan rumah Anda menjadi tempat yang tidak nyaman bagi ular. Berikut tempat ular suka bertelur oleh Ketua Yayasan Sioux Ular Indonesia, Aji Rachmat.

    Aji menjelaskan bahwa ular suka bertelur di tempat yang lembab. Karena itu, hindari menyediakan tempat-tempat semacam ini di sekitar rumah Anda.

    “Kalau ular suka tempat lembab, tidak terlalu kering. Di bawah pohon bambu, di bawah tumpukan sampah kompos-kompos kering yang ada kandungan airnya. Inkubatornya di tempat seperti itu,” ujarnya saat dihubungi Medcom.id, Rabu, 18 Desember 2019.

    Selain itu, Anda juga bisa menghindari rumah Anda dari kedatangan ular. Caranya antara lain:

    Hindari rumah Anda dari binatang-binatang yang biasa dimakan ular

    Ular terpaksa ke rumah warga terkadang karena kelaparan dan ingin mencari mangsa. Beberapa mangsanya beredar dekat rumah Anda. Karena itu, bila Anda mau, kondisikan rumah Anda jauh dari makanan ular.

    “Ular ini berada pada rantai makanan. Dia mencari makan. Kenapa dia ke rumah  karena makanannya di sekitar rumah sepeti tikus kodok, katak, dan sebagainya,” ungkapnya.

    Hilangkan area-area tertutup dan lembab

    Tanpa disadari, Anda sering menciptakan rumah yang nyaman bagi ular. Hindari buat tempat-tempat tertutup dan lembab di sekitar rumah Anda.

    “Kalau tempat sembunyi mereka juga banyak. Seperti di sekitar rumah seperti lubang pondasi, tempat sampah dan lain-lain. Area-area tertutup adalah area yang nyaman buat mereka,” jelasnya.

    Bersihkan lingkungan rumah Anda

    Bila Anda melihat ada tempat yang potensial jadi rumah ular, maka bersihkanlah. Anda bisa bekerjasama dengan tetangga karena walaupun satu rumah sudah bersih, rumah lainnya bisa saja tetap mengundang si ular datang.

    “Areanya harus dibersihkan. Bisa dengan kerja bakti. Kemudian jangan sampai ada tempat yang tak pernah dijamah begitu lama. Gudang-gudang dibersihkan. Mereka suka sembunyi di sana,” jelasnya.



    (YDH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id