8 Makanan yang Dapat Membantu Anda Hamil

    Anda Nurlaila - 22 Juli 2019 08:00 WIB
    8 Makanan yang Dapat Membantu Anda Hamil
    Kehamilan sangat dinanti untuk setiap pasangan. (Foto: Pexels)
    Kehamilan sangat dinanti untuk setiap pasangan. Terkadang sudah berupaya, tapi belum terwujud harapan tersebut. Namun Anda jangan putus asa, sebab ada beberapa makanan yang mampu membantu Anda mempercepat kehamilan.

    Jakarta: Mencoba untuk hamil? Berikut adalah makanan yang dianjurkan untuk meningkatkan peluang Anda hamil atau menambah kesuburan.

    1. Kacang-kacangan

    Kacang-kacangan selain banyak yang mengatakan tanaman ajaib, juga makanan penambah kesuburan. Para peneliti di Harvard School of Public Health mengamati hampir 19 ribu perawat wanita yang secara aktif berusaha untuk hamil.

    Para peneliti menemukan bahwa infertilitas adalah 39 persen lebih mungkin pada wanita dengan asupan protein hewani tertinggi. Tetapi wanita yang makan banyak protein nabati secara substansial cenderung mengalami kesulitan mencoba untuk hamil.

    Jadi, taburkan kacang garbanzo ke dalam salad. Tidak suka kacang? Lentil, tahu, dan edamame juga merupakan protein nabati yang baik.

    2. Es krim

    Kita tidak bicara soal es krim rendah lemak atau fro-yo. Nurses 'Health Study menemukan bahwa 1 atau 2 porsi susu atau produk susu utuh (seperti es krim) per hari melindungi dari infertilitas ovulasi.

    Susu skim dan susu rendah lemak, secara mengejutkan, melakukan yang sebaliknya. Seperti yang dikatakan Jorge E. Chavarro, M.D., Sc.D., asisten profesor nutrisi dan epidemiologi di Harvard School of Public Health dan penulis The Fertility Diet.

    Para ahli tidak tahu mengapa, meskipun Dr. Chavarro berteori bahwa mengeluarkan lemak dari susu mengubah keseimbangan hormon seksnya, yang pada gilirannya menghambat ovulasi. Namun, jangan berlebihan. Chavarro menyarankan untuk mengganti satu item susu rendah lemak sehari dengan yang penuh lemak. Dan, jangan lupa untuk mengkompensasi kalori ekstra lain dalam diet Anda.

    3. Sayuran hijau

    Bayam, romaine, arugula, brokoli, dan sayuran berdaun hijau gelap lainnya kaya akan folat, vitamin B yang beberapa penelitian telah menunjukkan dapat meningkatkan ovulasi. Pastikan untuk berbagi salad dengan suami Anda.

    Sebab pria yang mendapatkan dosis folat yang lebih tinggi membuat sperma lebih sehat. Selain itu berpotensi mengurangi kemungkinan keguguran atau masalah genetik pada bayi.

    Para peneliti di Sekolah Kesehatan Publik Universitas California Berkeley menyurvei 97 pria yang tidak merokok serta tidak memiliki riwayat masalah kesuburan sebelumnya. Mereka menemukan bahwa pria yang memiliki asupan vitamin tertinggi mengalami penurunan hampir 20 persen dalam jumlah sperma abnormal.

    4. Biji labu

    Tinggi zat besi non-heme, jenis zat besi yang ditemukan dalam makanan nabati tertentu dan makanan yang diperkaya zat besi. Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang secara teratur mengonsumsi suplemen zat besi (zat besi non-heme), memiliki kemungkinan 40 persen lebih kecil untuk mengalami kesulitan hamil daripada mereka yang tidak mengonsumsi zat besi.

    5. Roti gandum utuh

    Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama daripada yang halus untuk dicerna, membantu menjaga gula darah (dan kadar insulin) stabil. Apa hubungannya dengan hamil?

    Peningkatan kadar insulin dapat mengganggu hormon reproduksi. Sebuah penelitian di Belanda yang meneliti 165 pasangan yang berusaha untuk hamil menemukan bahwa ketika wanita memiliki kadar gula darah yang tinggi, mereka hanya setengah kemungkinan hamil selama studi 6 bulan. Saat Anda mencoba untuk hamil, selalu pilih roti yang lebih gelap dari pada yang ringan, nasi merah daripada putih, dan pasta gandum daripada yang putih.

    6. Minyak zaitun

    Minyak zaitun adalah lemak tak jenuh tunggal yang membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi peradangan di seluruh tubuh (peradangan mengganggu ovulasi, konsepsi, dan perkembangan awal embrio). Gunakan pada salad dengan cuka balsamic atau gunakan untuk memasak sebagai pengganti mentega.

    7. Salmon liar

    Ikan air dingin ini kaya akan asam lemak omega-3, yang dapat membantu mengatur hormon reproduksi dan meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi. Salmon juga lebih rendah merkuri daripada ikan berlemak lainnya. Pilih burger salmon di daftar menu.

    Sebagai catatan, jauhi hiu, ikan pedang, king mackerel, dan tilefish, yang Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat ingatkan jika Anda mencoba untuk hamil. Selain makan salmon, Anda bisa mendapatkan asam lemak omega-3 sebesar 1.000-2.000 mg sehari dari 2 sendok makan kacang kenari atau biji rami atau biji chia.

    8. Asam folat

    "Jika Anda berencana hamil kapan saja, pastikan diet Anda kaya asam folat dan Anda proaktif tentang itu sekarang," kata Erin Palinski-Wade, RD, penulis The Belly Fat Diet for Dummies.

    Anda dapat mengonsumsi suplemen, vitamin prenatal, dan meningkatkan asupan makanan kaya asam folat seperti biji-bijian, sereal, sayuran, dan buah jeruk yang diperkaya asam folat. Anda harus mengonsumsi 400-600 mg asam folat setiap hari sebelum kehamilan dan sekitar 800 mg selama kehamilan untuk memastikan kehamilan yang lebih sehat dan meminimalkan risiko cacat lahir.

    Pentingnya Nutrisi dalam Masa Pra Kehamilan




    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id