Seberapa Lama Bayi Perlu Mendengarkan Lagu?

    Kumara Anggita - 23 Juni 2020 13:56 WIB
    Seberapa Lama Bayi Perlu Mendengarkan Lagu?
    Berapa lama bayi perlu mendengar musik? Berikut penjelasan dari Nathania Karina, DMA, M.Mus, seorang pianist serta founder dari Andante Music School. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Lagu adalah hal yang bagus untuk diperkenalkan pada bayi. Ini bisa membantu perkembangan otaknya. Namun, masih banyak ibu tak tahu seberapa lama lagu itu harus diputar agar mendapatkan hasil yang efektif.

    Nathania Karina, DMA, M.Mus, seorang pianist serta founder dari Andante Music School mengatakan bahwa lagu yang terstruktur seperti lagu klasik bagus menjadi pilihan para orang tua untuk sang buah hati. 

    "Anda bisa memutarnya sekitar 30 menit sekali," katanya.

    “Sebenarnya kalau ukuran waktu ini tidak ada yang benar-benar pasti. Akan tetapi di musik, kita percaya betul, repetisi itu adalah yang terbaik. Jadi ketimbang seminggu sekali, durasi 2 jam, lebih baik itu seminggu 4 kali, tapi durasi 30 menit,” paparnya dalam Roompi Orami Parenting dengan tema The Gift of Music for Young Children.

    Ia menambahkan bahwa para orang tua tak perlu mematikan lagunya ketika anak sudah tertidur. Mereka masih mendengarkannya.

    “Kalau babynya lagi tidur, ini bukan berarti mereka tidak mendengar ya. Yes, mereka mendengar banget! jadi kalau lagi bobo, boleh banget disetel kecil-kecil (pelan) lagunya,” jelasnya.

    Deretan lagu yang ia anjurkan untuk para orang tua berikan sebagai berikut:
    - Mozart
    - Bach
    - Scarlatti
    - Haydn
    - Handel

    “Ini boleh dan bisa dibilang relatif aman sekali untuk mendengarkan musik-musik mereka dan semua musik mereka punya kualitas struktur pengulangan,” ungkapnya.



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id