comscore
AXA Mandiri 2016

Kapan Waktu Terbaik Merencanakan Pendidikan Anak?

Anindya Legia Putri - 07 Maret 2017 07:55 WIB
Kapan Waktu Terbaik Merencanakan Pendidikan Anak?
Perencanaan yang tepat dapat membantu Anda mengalokasikan dana untuk pendidikan anak hingga jenjang perguruan tinggi (Foto:Bigstock)

medcom.id, Jakarta: Memasuki tahun baru merupakan waktu yang tepat untuk kembali mengatur keuangan Anda dan keluarga. Terlebih bagi keluarga baru yang akan atau sudah dikaruniai buah hati. Salah satu rencana keuangan yang penting untuk disiapkan jauh-jauh hari, yakni rencana pendidikan untuk anak.


Tanpa perencanaan keuangan yang matang, Anda akan kebingungan menyiapkan uang untuk pendidikan anak. Terlebih, biaya pendidikan anak di sekolah berkualitas cukup menguras kantong. Sebagai gambaran, biaya pendidikan di universitas di Jakarta tahun 2017 sekitar Rp100 juta, terhitung mulai awal semester hingga wisuda. Setiap tahunnya terjadi kenaikan biaya pendidikan antara 15 persen hingga 20 persen. Bayangkan, jika saat ini Anda memiliki seorang bayi berusia 0 tahun, maka 18 tahun lagi Anda memerlukan uang Rp2,7 miliar untuk membiayai kuliahnya. Sebuah angka yang cukup besar dan mengejutkan bila kita tidak siap menghadapinya.


Rata-rata orang menyadari bahwa biaya pendidikan relatif mahal. Namun, kesalahan yang banyak dilakukan para orang tua adalah menunda berinvestasi untuk dana pendidikan anak. Kebiasaan menunda ini buruk. Jangan menunda besok, tahun depan, atau menjelang masuk kuliah. Sebab, dalam berinvestasi, waktu memiliki peran penting. Jika Anda mulai berinvestasi sejak jauh-jauh hari, Anda dapat berinvestasi dengan dana yang lebih sedikit dan waktu yang lebih panjang sesuai profil risiko Anda.


Dalam merencanakan keuangan untuk pendidikan anak, Anda hendaknya melakukan beberapa hal sebagai berikut.


1. Atur strategi

Kapan Waktu Terbaik Merencanakan Pendidikan Anak?


Perencanaan yang tepat dapat membantu Anda mengalokasikan dana untuk pendidikan anak-anak. Atur strategi keuangan sedetail mungkin, yaitu dimulai dengan mempersiapkan anggaran terlebih dahulu. Berkacalah dari tahun-tahun sebelumnya, pelajari informasi terkait biaya masuk sekolah, kemudian alokasikan dana sesuai prioritas dan berpikirlah realistis.


2. Pilihan investasi


Kunci untuk mencapai tujuan ini adalah memulai sedini mungkin dan memiliki disiplin untuk menjaga dana pendidikan sampai tujuan tercapai. Terdapat beberapa jenis investasi jangka pendek maupun jangka panjang. Untuk jangka pendek terdiri dari tabungan bank, deposito, forex trading dan saham. Sementara, investasi jangka panjang terdiri atas emas, properti, asuransi, dan reksadana.


Pilihlah investasi yang dapat memberikan jaminan secara nyata. Salah satu langkah untuk mewujudkan masa depan anak yang gemilang yakni dengan memiliki asuransi pendidikan. Ini merupakan cara cerdas merencanakan pendidikan yang layak untuk buah hati Anda dalam menyongsong masa depan cemerlang.


AXA Mandiri dan AXA hadir menjadi sahabat yang akan membantu Anda menemukan solusi perencanaan keuangan dengan menyediakan ragam program asuransi sesuai kebutuhan Anda pada masa depan.


Mengingat pentingnya pendidikan untuk masa depan yang cerah, mulai rencanakan lebih awal dana pendidikan anak bersama AXA Mandiri dan AXA. Ingat, jangan ditunda lagi ya!



(ROS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id