Manfaat Smoothies untuk Meningkatkan Air Susu Ibu

    Raka Lestari - 27 Juli 2020 18:12 WIB
    Manfaat Smoothies untuk Meningkatkan Air Susu Ibu
    Ilustrasi-Pexels



    Jakarta: Saat ini ada banyak wanita yang memilih smoothies untuk membantu meningkatkan produksi Air Susu Ibu (ASI). Dan, smoothies juga menjadi minuman yang banyak digemari karena memiliki rasa yang menyegarkan sekaligus mengenyangkan.

    Ada beberapa bahan makanan yang sering dijadikan smoothies yang memang bagus untuk peningkatan produks ASI. Pada dasarnya, dokter Abigail Cutler, M.D., MPH, seorang OB-GYN di Yale New Haven Hospital, menyatakan bahwa meningkatkan produksi ASI bagi wanita yang sedang menyusui dapat menjadi tantangan tersendiri. Namun diketahui bahwa ada hal-hal tertentu yang dapat membantu.

     



    “Makanan terbaik yang dapat membantu meningkatkan suplai ASI dikenal sebagai galactogogues, yang merupakan sumber makanan kuat yang terdiri dari minuman, obat-obatan, makanan, atau herbal, yang semuanya membantu banyak tubuh ibu untuk merespons dengan membuat lebih banyak ASI,” ujar Liza Janda, seorang penasihat pendidikan laktasi bersertifikat.

    “Oatmeal, sayuran berdaun hijau, adas, kacang-kacangan dan biji-bijian, buncis, jahe, dan bawang putih, semuanya dapat membantu dalam produksi ASI. Selain itu, bayam dan flaxseed juga mengandung fitoestrogen, yang diperkirakan juga dapat meningkatkan produksi ASI," terang Liza.

    Menggabungkan bahan makanan yang baik untuk ASI menjadi smoothie merupakan cara yang paling cepat bagi ibu menyusui. Apalagi mereka dilanda kesibukan namun tetap bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

    “Dan yang terpenting adalah tetap terhidrasi dengan baik, beristirahat sebanyak mungkin, dan mengosongkan payudara Anda secara teratur, baik dengan menyusui langsung atau dengan pompa payudara,” kata Dr Cutler.

    Tentu saja, smoothies merupakan cara yang tepat juga agar tubuh tetap terhidrasi. Sangat menyenangkan bisa mencampur berbagai macam bahan makanan dan mencoba rasa baru dalam meningkatkan produksi ASI Anda.

    Jika Anda tidak memiliki waktu untuk mencoba resep smoothies baru, Anda bisa mendapatkan inspirasi dari para pakar laktasi lainnya untuk mendapatkan resep terbaru.

    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id