Hindari Pikiran Bercabang saat Mengasuh Anak

    Kumara Anggita - 04 Desember 2019 07:00 WIB
    Hindari Pikiran Bercabang saat Mengasuh Anak
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Mengurus anak dan bekerja bukanlah hal yang mudah. Untuk mengimbanginya, banyak orang tua mengerjakannya secara bersamaan.

    Padahal menurut Psikiater Prof. DR. dr. Tjhin Wiguna Sp.KJ(K), pola pengasuhan seperti ini tidak memberikan hasil yang optimal. Ini karena hal yang terpenting adalah Anda memiliki waktu yang berkualitas saat mengasuh maupun bekerja.

    "Kualitasnya. Saya selalu bilang pada orang tua yang datang pada saya. Kalau mau kerja, kerja saja dulu. Anak dikasih saja aktivitas (saat bekerja). Tidak harus main 24 jam kan. Ada waktunya bermain. Setelah bekerja ya sudah main. Saat main ya benar-benar main dengan anak. Tidak mikir lagi kerjaan. Kerja yang kerja benar. Tidak usah pikirin anak," ujar Prof DR. dr. Tjhin.

    "Sebab kalau pada suatu saat anda bekerja dan mikirin anak pikiran jadi bercabang. Anda tidak memberikan anak yang baik dan pekerjaan yang baik. Jadi percuma," lanjutnya.

    Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan waktu yang berkualitas dengan anak adalah dengan memenuhi kebutuhannya. Setiap kebutuhan anak masing-masing berbeda, dan Anda harus menyelaminya.

    "Anak unik, punya karakternya sendiri, punya sifat, keinginan sendiri, dan kebutuhan berbeda. Anak saya dan ibu lainnya beda," terang Prof DR. dr. Tjhin.

    "Kalau ibu sayang sama anaknya sejak dalam kandungan, itu dia tahu anak maunya apa. Kalau dia mengasuh sehari-hari, dia pasti tahu," tambahnya.

    Dengan seperti itu, interaksi Anda dan anak jadi berkualitas. Hal ini dapat membangun relasi atau kedekatan, baik fisik maupun emosi antara orang tua dan anak. Kedekatan dengan anak merupakan cara ideal untuk meningkatkan rasa aman, mandiri, dan rasa empati anak.

    Jadi mulai sekarang ada baiknya Anda fokus melakukan segala hal satu per satu untuk mendapatkan hasil yang optimal.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id