Cara Mengajak Suami Lebih Komunikatif

    Kumara Anggita - 27 Juni 2020 18:09 WIB
    Cara Mengajak Suami Lebih Komunikatif
    Ilustrasi komunikasi antara suami dan istri (Foto: Pexels)
    Jakarta: Suami yang ‘pediam’ suka buat para istri jadi merasa bingung dan bahkan frustasi. Ini karena beberapa dari mereka membutuhkan komunikasi yang lebih namun bingung untuk mengungkapkan kebutuhannya ini. 

    Untuk itu, Zoya Amirin, seorang Psikolog Klinis dengan sertifikasi Sexolog menyarankan agar para istri menggunakan komunikasi yang asertif. Dengan ini, diharapkan kebutuhan bisa tersampaikan dengan efektif. 

    “Gunakan komunikasi asertif dengan pasangan, baik (seseorang) extrovert atau introvert. Laki laki secara Neuropsikologis terbangun sebagai seorang pelindung atau 'protector'. Beri inspirasi suami untuk membahagiakan kamu tanpa menjadi demanding Karena kalau kita menjadi istri demanding, kita sendiri tidak akan bahagia,” jelasnya dalam Roompi dengan Tema Meningkatkan gairah sex di masa New Normal (Menggungkap tips dan trik kehidupan sex pasutri) di Aplikasi Orami Parenting. 

    Ia menganjurkan agar para istri memberi tahu apa yang membuat dirinya bahagia. “Contoh (bisa ganti dengan bahasa sendiri tapi selalu awali dengan saya merasa) ‘aku merasa senang banget waktu minggu lalu (berikan contoh kongkrit di masa lalu) ketika kamu ngobrol lama dengan aku’. Jadi ungkapkan perilaku yang dilakukan oleh pasangan dan membuat kamu bahagia. Tidak boleh membandingkan pasangan,” paparnya. 

    Memberitahu pengalaman positif yang pernah dilakukan pasangan pada Anda seperti itu bisa memotivasi pasangan untuk melakukannya lagi.

    “Jadi jika kita ingin perilaku mesra diulang oleh pasangan, ingatkan pasangan atau berterimakasih ketika ia melakukan hal hal yang membahagiakan Anda. Dalam psikologi kami menyebutnya dengan positive reinforcement,” ungkapnya.

    “Bangun kemesraan dalam hubungan melalui validasi perasaan pada pasangan Anda,” ungkapnya. 

    Selamat mencoba!



    (YDH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id