Bagaimana Menghadapi Keluarga yang 'Beracun'?

    Kumara Anggita - 07 November 2019 16:12 WIB
    Bagaimana Menghadapi Keluarga yang 'Beracun'?
    Ilustrasi--Pexels
    Jakarta: Memiliki keluarga 'beracun' memang sangat membuat frustasi. Di satu sisi Anda ingin keluar dari situasi tersebut namun di sisi lain Anda juga terikat dengan tiap anggotanya.

    Jika Anda memiliki latar belakang 'beracun', atau jika situasi keluarga Anda saat ini memiliki unsur-unsur 'beracun', ada beberapa cara yang dapat membantu Anda menavigasi pertemuan dan mengatasi setiap momen yang menantang.

    Berikut Beberapa Cara Menghadapi Keluarga yang Beracun dari Konselor Profesional, Katherine Fabrizio yang Dilansir dari Healthline.

    Putuskan apa yang Anda inginkan

    Mengidentifikasi apa yang Anda inginkan dari hubungan dapat membantu Anda mengembangkan gagasan yang lebih jelas tentang batasan yang ingin Anda tetapkan.

    Katakanlah Anda suka menghabiskan waktu santai dengan saudara perempuan Anda di akhir pekan, tetapi tidak ketika dia bertanya tentang kehidupan cinta Anda. Anda tahu dia akan membagikan detail itu dengan ibu Anda, yang kemudian akan menelepon untuk mengkritik.

    Anda masih ingin mempertahankan hubungan dengan saudari Anda, jadi satu solusi mungkin membatasi kunjungan Anda dengan saudari Anda sebulan sekali dan memberi tahu dia sebelumnya bahwa Anda tidak akan membahas tentang hubungan.

    Memiliki batasan dalam berinteraksi dapat membuat Anda berdaya dan membantu Anda merasa lebih baik. Cobalah untuk tegas karena ketika goyah, Anda bisa kembali ke situasi tak sehat itu lagi.

    Latih diri untuk tidak terpengaruh

    Saat Anda menghabiskan waktu bersama anggota keluarga, jangan biarkan mereka menarik Anda ke dalam masalah keluarga yang ingin Anda pisahkan. Anda tidak harus terlibat dalam apa pun yang Anda tak nyaman.

    Anda bisa melakukan beberapa hal antara lain:

    - Tidak berpartisipasi dalam situasi yang berantakan

    - Menghindari topik yang memunculkan emosi yang kuat

    - Menjaga percakapan tetap ringan dan santai

    - Akhiri pembicaraan atau tinggalkan jika perlu

    Putuskan apa yang akan Anda bagikan dan apa yang ingin Anda rahasiakan

    Anda tidak perlu membagikan semuanya dengan keluarga Anda. Anda akan merasakan perubahannya ketika Anda mampu menjaga detail penting pribadi dari anggota keluarga beracun yang memiliki kecenderungan mengkritik, mengejek, atau memanipulasi Anda.

    Belajar kapan mengatakan tidak

    Menetapkan batasan untuk diri sendiri dan mengatakan tidak pada hal-hal yang dapat membahayakan batasan dapat membantu Anda menavigasi pola hubungan 'beracun' dengan lebih mudah.

    Jika apa yang diminta akan membuat Anda merasa tidak bahagia, tertekan, atau tidak nyaman, mengatakan "tidak" mungkin merupakan pilihan terbaik Anda. Anda dapat menjelaskan alasan Anda jika mau, tetapi jangan merasa harus melakukannya.

    Anggota keluarga yang 'beracun' mungkin mencoba membujuk atau memanipulasi Anda untuk mengubah pikiran Anda. Percayalah pada keputusan Anda dan tahu Anda melakukan hal yang benar untuk diri sendiri. Anggota keluarga yang mencintai dan mendukung Anda juga harus mengenali dan mendukung kebutuhan itu.

    Jangan mencoba mengubah siapa pun

    Saat berhadapan dengan anggota keluarga yang 'beracun', Anda pasti berharap bahwa mereka akan berubah. Anda mungkin berfantasi bahwa mereka tiba-tiba sadar telah melukai Anda dan akan mengubah diri mereka demi Anda.

    Tentu, orang bisa dan memang berubah, tetapi itu di luar kendali Anda. Selain memberi tahu mereka bagaimana perasaan Anda, meminta mereka untuk mempertimbangkan perspektif Anda, dan mendorong mereka untuk berbicara dengan seorang terapis atau profesional lain, tidak ada hal lain yang bisa dilakukan.

    Satu-satunya orang yang bisa Anda ubah adalah Anda. Atasi perasaan negatif yang disebabkan olehnya dan  mberbelaskasih lah pada diri sendiri dengan mengatakan tidak.

    Lakukan pertemuan

    Fabrizio menyarankan beberapa hal yaitu:

    1. Putuskan di mana dan kapan bertemu.
    2. Bertemu untuk makan siang di tempat umum dapat membantu Anda menghindari sejumlah masalah potensial.
    3. Pertimbangkan untuk tak melibatkan alkohol karena ini dapat meningkatkan ketegangan dalam situasi
    4. Perjelas ketersediaan Anda. Misalnya, Anda mungkin berkata, "Saya punya satu jam untuk makan siang hari ini”
    5. Pakai transportasi sendiri

    Dengan cara ini, Anda memiliki cara untuk pergi ketika Anda perlu.

    Pertemuan dengan persyaratan Anda sendiri membantu Anda mengambil kekuatan kembali dan merasa lebih aman selama interaksi.

    Berbicara dengan seseorang

    Berbagi perasaan dengan seseorang dapat sangat membantu. Ini sangat berguna untuk mempertahankan pemahaman tentang kenyataan jika anggota keluarga memang beracun ketika tiba-tiba Anda goyah.

    Bekerja dengan profesional kesehatan mental sangat ideal, tetapi membuka diri terhadap pasangan atau teman juga dapat membantu. Anda tidak perlu membagikan setiap detail. Kadang-kadang bahkan memberikan gambaran umum tentang situasi tersebut dapat membantu Anda mengungkapkan beberapa frustrasi dan kesusahan Anda.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id