Tips Membangkitkan Kepercayaan Diri

    Sunnaholomi Halakrispen - 07 Januari 2020 19:07 WIB
    Tips Membangkitkan Kepercayaan Diri
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Tidak mudah membangkitkan kepercayaan diri pada semua orang. Untuk itu perlu beberapa cara agar adanya motivasi untuk mengubah dari rasa tak mudah menjadi mudah.

    Berdasarkan psikologi, ada sejumlah faktor yang menyebabkan orang tidak percaya diri. Namun, kata Jane Cindy, M.Psi, Psi. selaku psikolog di RS Pondok Indah - Bintaro Jaya, masalah ini bisa ditangani dengan distimulasi.

    "Caranya adalah dengan meningkatkan potensi diri, melihat hal-hal positif atau kekuatan apa yang dimiliki oleh diri sendiri," ujar Jane kepada Medcom.id, Selasa, 7 Januari 2020.

    Selain itu, memanfaatkan keunggulan yang dimiliki. Prestasi-prestasi yang pernah dicapai juga dapat menjadi penyokong terbangunnya rasa kepercayaan diri.

    Faktor penyebab orang tidak percaya diri perlu dipahami. Ada beberapa faktor yang mungkin sering Anda temui atau bahkan alami.

    "Bisa dari beberapa faktor, misal pola asuh yang kurang baik. Contohnya, orang tua selalu memberikan label negatif, bodoh, payah, enggak berguna, dan lain-lain," jelasnya.

    Penyebutan label negatif kepada anak selama bertahun-tahun tentu berdampak pada self concept menjadi negatif. Faktor lain, lingkungan sekitar juga bisa berpengaruh.

    "Selain itu, respons. Misalnya label negatif dari guru, verbal bullying dari teman-teman. Maka individu tersebut akan semakin tidak percaya diri," imbuhnya.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id