Panduan Membersihkan dan Mengganti Peralatan Rumah

    Anda Nurlaila - 28 Mei 2019 14:40 WIB
    Panduan Membersihkan dan Mengganti Peralatan Rumah
    Bersihkan kursi dengan uap setahun sekali untuk memperpanjang usia furnitur tetap bersih dan cantik. (Foto: Pexels.com)
    Membersihkan berbagai peralatan dapur ternyata ada panduannya. Ini bisa Anda lakukan untuk menghindari dari alergi atau penyakit kulit dan paru akibat peralatan yang kotor. Misalnya, ponsel Anda perlu dibersihkan setiap hari dengan tisu yang sudah dibasahi dengan alkohol. Atau remote televisi yang paling tidak Anda bersihkan seminggu sekali.


    Jakarta: Rutinitas membersihkan peralatan rumah dapat menghindarkan penyakit dan membuat rumah  lebih sehat. Masing-masing peralatan tentu memiliki waktu dan cara pembersihan yang berbeda.

    Anda ingin tahu kapan saatnya mengganti peralatan lama dengan yang baru? WebMD memberi panduan membersihkan dan mengganti peralatan dan perabotan dalam rumah.

    1. Ponsel: setiap hari

    Anda menyentuh ponsel berkali-kali dalam sehari. Bekas sidik jari akan memerangkap minyak, kotoran dan kuman. Biasakan menyeka bersih ponsel setidaknya sekali sehari. Studi menunjukkan alkohol paling baik membunuh bakteri dari permukaan ponsel dan penutupnya.

    2. Pearalatan dapur: setiap hari

    Bukan masalah apakah peralatan memasak terlihat kotor atau tidak. Bersihkan semua permukaan peralatan dapur setelah menggunakannya untuk memastikan kuman tidak berakhir di makanan Anda.

    3. Kulkas: tiga bulanan

    Sisa-sisa makanan di dalam kulkas dapat meninggalkan spora jamur ke makanan lainnya. Untuk mencegah kuman, kosongkan dan bersihkan kulkas setiap tiga sampai empau bulanan. Bersihkan rak dan dinding dengan satu sendok makan soda kue yang dilarutkan dalam satu liter air. Bilas dan biarkan kering sebelum memasukkan bahan makanan.

    4. Karpet: mingguan

    Vakum karpet besar dan cuci karpet kecil seminggu sekali. Karpet bersih dapat mengurangi pemicu alergi di rumah.

    Panduan Membersihkan dan Mengganti Peralatan Rumah
    (Lap remote tv Anda seminggu sekali. Foto: Pexels.com)

    5. Furnitur: bulanan

    Tumpahan makanan atau minuman harus segera dibersihkan. Untuk perawatan kain pelapis, lakukan penyedotan debu sebulan sekali hingga ke sudut dan celah-celah sofa termasuk bantalnya. Bersihkan kursi dengan uap setahun sekali untuk memperpanjang usia furnitur tetap bersih dan cantik.

    6. Pernak-pernik dan pajangan: mingguan

    Gunakan lap atau kemoceng mikrofiber yang lembut untuk menghilangkan debu dan kotoran dari rak buku, pernak-pernik, bingkai foto, dasar lampu, cermin dan meja rias.

    7. Remote televisi: mingguan

    Keluarkan baterai lebih dahulu kemudian gunakan tisu yang sudah dibasahkan dengan alkohol untuk menghilangkan sidik jari lengket dan minyak sekitar tombol. Lap permukaannya lalu astikan kompartemen baterai kering sebelum memasukkan baterai.

    8. Toilet: setiap hari

    Semakin sering digunakan, semakin sering pula Anda harus membersihkan toilet. Gunakan cairan pembersih dan sikat toilet dengan sikat bergagang panjang. Lakukan permbersihan menyeluruh setiap minggu.

    9. Handuk mandi: beberapa kali pemakaian

    Cuci handuk atau pakai handuk baru setelah digunakan tiga sampai empat kali mandi. Ganti handuk lebih sering jika Anda berolahraga. Jemur handuk setelah dipakai untuk menghindari tumbuhnya jamur dan bakteri.

    10. Sikat gigi: tiga bulan

    Setelah penggunaan beberapa bulan, bulu sikat akan melar dan tidak bekerja maksimal membersihkan kotoran dan sisa makanan di gigi dan mulut. Saatnya mengganti dengan sikat gigi baru.

    11. Seprai: mingguan

    Aturan praktisnya adalah mencuci seprai sekali seminggu menggunakan air panas untuk membunuh bakteri, lalu mengeringkannya. Kebiasaan tidur juga memengaruhi rentang waktu membersihkan seprai. Contoh, jika memiliki hewan peliharaan, sering berkeringat di malam hari dan mengemil di malam hari berarti Anda harus mengganti seprai lebih sering.





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id