Cara Simpel Bikin Bayi Cepat Tidur

    Raka Lestari - 13 Desember 2019 06:00 WIB
    Cara Simpel Bikin Bayi Cepat Tidur
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Membuat bayi tertidur terkadang menjadi pekerjaan sulit buat orang tua. Berbagai upaya dilakukan demi bisa membuat bayi mereka tertidur.

    Semua itu dilakukan orang tua agar bayi bisa mendapatkan waktu tidur yang cukup. Sebab sangat bermanfaat bagi bayi, terutama untuk pertumbuhan mereka.

    Kini Anda tidak perlu lagi kebingungan untuk membuat bayi tertidur. Sebab hanya dengan mengelus hidung bayi, bisa menjadi salah satu cara membuat mereka cepat tidur.

    “Mengelus bagian manapun pada wajah mereka dapat membuat mereka lebih tenang dan membuat mereka tertidur lebih cepat. Mengelus juga dapat membuat anak Anda merasa aman dan dicintai, yang dapat memenuhi kebutuhan emosional mereka," ujar Dr Daniel S. Ganjian, seorang dokter anak di Providence Saint John's Health Center.

    “Beberapa bayi juga merasa bahwa, mendapatkan belaian pada area wajah membuat mereka lebih santai. Sehingga mereka lebih cepat tertidur. Dan ketika Anda mengelus hidung mereka, secara refleks bayi akan menutup mata mereka sehingga itu juga dapat membuat mereka tertidur,” ujar Dr Gina Posner, dokter anak bersertifikat di MemorialCare Orange Coast Medical Center kepada Romper.

    Selain melakukan teknik mengelus hidung bayi, dokter Daniel juga menyarankan kepada orang tua agar menggunakan suara-suara tertentu untuk membuat bayi tertidur.

    “Beberapa orang tua juga terkadang menggunakan suara dan getaran dari pengering rambut atau vacuum cleaner untuk membantu bayi mereka tertidur," imbuh Dokter Daniel.

    Adapun tips dan trik lain untuk membuat bayi Anda tidur, Dokter Daniel menyarankan untuk menutup mata bayi Anda secara lembut. Cara ini menyebabkan saraf bagus mengirimkan sinyal relaksasi ke tubuh dan memperlambat detak jantung.

    "Juga bisa membuat mereka lebih rileks dan siap untuk tidur," terang Dokter Daniel.

    Namun menurut Posner, teknik-teknik tersebut tergantung pada setiap individu anak. Beberapa anak merasa terganggu dengan Anda menggosok rambut atau punggung mereka.

    "Tetapi beberapa anak lainnya mungkin merasa senang. Beberapa musik yang menenangkan juga dapat membantu menenangkan bayi dan anak-anak untuk tidur," tegas Dr Gina Posner.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id