Tanda Anda Hidup dalam Keluarga 'Beracun'

    Kumara Anggita - 06 November 2019 17:04 WIB
    Tanda Anda Hidup dalam Keluarga 'Beracun'
    Keluarga adalah orang yang paling kita percaya, namun ada beberapa tindakan mereka yang membuat Anda merasa tidak nyaman--Ilustrasi- Pexels
    Jakarta: Keluarga adalah orang yang paling kita percaya, namun ada beberapa tindakan mereka yang membuat Anda merasa tidak nyaman. Hal ini sering kali bikin Anda frustasi.

    Tanpa disadari, tindakan yang mereka tunjukan pada Anda ternyata 'beracun'. Inilah beberapa tanda umum dan apa yang harus dilakukan jika Anda berada dalam keluarga yang 'beracun'.

    Cara mengetahui keluarga Anda 'beracun' atau tidak adalah dengan menyadari perasaan apa yang Anda dapat tiap kali berinteraksi dengan tiap anggotanya.

    "Jika Anda akhirnya merasa tidak enak tentang diri sendiri setelah sebagian besar bertemu dengan anggota keluarga, mungkin ada alasan yang kuat untuk itu, ada yang layak ditinjau,” ujar seorang Konselor Profesional, Katherine Fabrizio.

    Berikut adalah beberapa hal yang lebih spesifik untuk dicari. Ingatlah bahwa Anda juga dapat mengenali ini dari masa kecil Anda juga.

    Anda merasa dikontrol

    Anggota keluarga yang 'beracun' mungkin mencoba mengendalikan aspek utama kehidupan Anda, termasuk hubungan dan keputusan karier Anda. Mereka mungkin menyiratkan (atau mengatakan langsung) bahwa ekspektasi mereka adalah bentuk cinta dan dukungan mereka yang berkelanjutan.

    Anda tidak merasakan cinta, kasih sayang, atau rasa hormat

    Berselisih pendapat adalah hal yang biasa tapi pada akhirnya Anda harus tetap memperlakukan satu sama lain dengan cinta dan kebaikan. Keluarga 'beracun' akan merasa jijik dan meremahkan Anda.

    Secara spesifik, anggota keluarga yang 'beracun' akan :

    1. Mengejek atau meremehkan pilihan Anda

    2. Serang titik rentan Anda

    3. Hancurkan rasa percaya diri Anda

    Keluarga Anda mungkin tidak setuju dengan semua yang Anda katakan atau lakukan, tetapi mereka tetap harus menawarkan cinta dan rasa hormat ketika Anda memilih jalan Anda sendiri.

    Ada yang menggunakan obat terlarang

    Mungkin di dalam anggota keluarga ada yang menggunakan atau bahkan menyalahgunakan obat-obatan atau alkohol. Pecandu belum tentu akan bersikap 'beracun', namun  kecanduan zat dan perilaku kompulsif kadang-kadang dapat menyebabkan dinamika yang berbahaya dan tidak sehat dalam hubungan keluarga.

    Anda mengalami pelecehan verbal, fisik, atau emosional

    Pelecehan ada dalam berbagai bentuk tidak hanya secara fisik semata. Jenis pelecehan antara lain

    - Menyentuh tidak pantas

    - Isyarat atau sindiran seksual

    - Komentar seksual tentang tubuh Anda

    - Kekerasan fisik

    - Pelecehan seksual

    - Kritik keras atau ekstrim

    Terkadang, pelecehan tidak mudah dikenali.

    Disfungsi kronis atau persisten

    Ketidaksepakatan, persaingan saudara kandung, hubungan yang tegang, atau miskomunikasi adalah hal yang biasa, terutama selama periode stres atau perubahan. Misalnya, anggota keluarga dapat berperilaku menyebalkan atau tidak sehat dalam beberapa waktu karena masalah di luar dinamika keluarga, seperti:

    1. Tantangan di tempat kerja atau sekolah

    2. Masalah dengan pertemanan atau hubungan lainnya

    3. Masalah kesehatan atau tekanan emosional

    4. Kesulitan finansial

    Pola perilaku ini harusnya bersifat sementara. Orang yang bertanggung jawab dapat meminta maaf, menyatakan penyesalan, dan berusaha mengubah perilaku mereka begitu mereka menyadarinya.

    Itulah beberapa tanda Anda berada dalam keluarga beracun, berusalah untuk mengatasinya, bila Anda tidak sanggup datanglah ke profesional.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id