comscore

Tips Memahami Tidur Anak

Sunnaholomi Halakrispen - 22 Januari 2020 16:11 WIB
Tips Memahami Tidur Anak
Buah hati Anda membutuhkan tidur. Bukan hanya untuk mencegahnya menjadi rewel, tapi tubuh kecil membutuhkan tidur untuk tumbuh dan tetap sehat. (Ilustrasi/Pexels)
Jakarta: Buah hati Anda membutuhkan tidur. Bukan hanya untuk mencegahnya menjadi rewel, tapi tubuh kecil membutuhkan tidur untuk tumbuh dan tetap sehat. Otot-ototnya, termasuk jantung, memperbaiki diri mereka selama tidur.

Tidur juga mengontrol sinyal yang memberi tahu anak Anda jika dia lapar atau kenyang, yang membantunya tetap gemuk. Seperti dilansir WebMD, ada hal lain yang perlu diketahui tentang tidur anak Anda.
1. Tidur meningkatkan otak

Saat anak Anda berada di alam mimpi, otaknya menyimpan kenangan sejak hari itu sehingga ia dapat mengingatnya nanti. Hal itu merupakan bagian penting dari pembelajaran.

Anak Anda juga perlu tidur untuk membantunya memperhatikan pelajaran di sekolah. Jika dia menutup mata dengan waktu yang cukup, dia akan menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan dengan lebih sedikit kesalahan.

2. Waktu tidur yang dibutuhkan anak

Anak-anak membutuhkan lebih banyak waktu tidur daripada Anda. Khusus untuk balita, harus tidur dengan total waktu selama 11 hingga 14 jam dalam sehari. Anak berusia tiga hingga lima tahun perlu sedikit lebih sedikit, yakni sekitar 11 hingga 13 jam.

Jika anak Anda berusia enam hingga 13 tahun, ia harus mendapatkan tidur selama 9 hingga 11 jam dalam sehari. Sedangkan remaja membutuhkan delapan hingga 10 jam, tetapi berapa banyak tidur yang mereka dapatkan sebenarnya adalah cerita lain.

3. Perlunya tidur siang

Seberapa banyak anak Anda tidur siang, tergantung pada seberapa banyak dia tidur di malam hari. Waktu tidur ini perlu disesuaikan. Balita Anda mungkin tidur sebagian besar dari 13 jam setelah matahari terbenam, atau dia bisa delapan jam setelah gelap dan menyelesaikan sisanya dengan tidur siang.

Sebagian besar anak-anak menghentikan tidur siang mereka pada usia lima tahun. Jika anak Anda masih melakukannya pada usia itu, ia mungkin membutuhkan waktu tidur yang lebih awal di malam hari.

Maka demikian, apabila anak remaja Anda tidur siang, itu pertanda dia tidak cukup tidur di malam hari. Dia pun perlu waktu tidur lebih awal.

4. Cara membawa anak ke tempat tidur

Waktu tidur tidak harus menjadi pertempuran antara anak dan orang tua. Tetaplah pada rutinitas, bahkan pada akhir pekan. Rencanakan kegiatan santai sebelum tidur, seperti membaca dengan cahaya redup. 

Pastikan anak remaja Anda tidak menggunakan layar pada saat mereka sebelum tidur. Juga memastikan kamar tidur gelap, dingin, tenang, dan bebas dari pancaran sinar layar gadget.

Untuk mereka yang bermasalah atau ketergantungan dengan gadget, siapkan tempat tidur hanya untuk mata tertutup. Siapkan suasana kamar yang tanpa pemicu aktivitas lain, seperti membaca, mengerjakan pekerjaan rumah, atau bermain game.

5. Hitungan anak tidur dengan cukup

Anda akan tahu bahwa anak Anda mendapat istirahat teratur jika ia dapat tidur 15 sampai 30 menit setelah ia pergi tidur di malam hari. Kemudian di pagi hari, dia akan mudah bangun ketika saatnya bangun. 

Anda tidak perlu kembali ke kamarnya berulang kali untuk memastikan dia keluar dari tempat tidur. Hal ini lah hitungan tepat untuk memastikan anak Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup.



(YDH)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id