CDC: Cairan Pemutih dengan Air untuk Bersihkan Perabotan Rumah Tangga

    Raka Lestari - 18 Maret 2020 10:52 WIB
    CDC: Cairan Pemutih dengan Air untuk Bersihkan Perabotan Rumah Tangga
    Cairan ini bukan untuk tangan Anda, melainkan untuk furnitur rumah tangga. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Penularan covid-19 sampai saat ini masih belum bisa dipastikan, tetapi bukti saat ini menunjukkan bahwa covid-19 dapat bertahan selama berjam-jam pada permukaan benda.

    Pembersihan permukaan yang tampak kotor diikuti oleh desinfeksi adalah cara terbaik untuk pencegahan covid-19 dan penyakit pernapasan virus lainnya.

    Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memberikan tips dan panduan bagaimana cara untuk membersihkan perabotan rumah tangga agar mencegah penyebaran covid-19:

    1. Bagian permukaan benda-benda rumah tangga

    Kenakan sarung tangan sekali pakai saat membersihkan dan mendisinfeksi permukaan benda-benda di rumah. Sarung tangan harus dibuang setelah setiap pembersihan. 

    Jika menggunakan sarung tangan yang bisa dipakai kembali, sarung tangan tersebut harus dikhususkan untuk membersihkan dan mendesinfeksi permukaan berbagai benda rumah tangga untuk pencegahan covid-19 dan tidak digunakan untuk keperluan lain.

    Bersihkan tangan segera setelah sarung tangan dilepas. Jika permukaannya kotor, mereka harus dibersihkan menggunakan detergen atau sabun dan air sebelum desinfeksi.

    Untuk desinfeksi, larutan pemutih rumah tangga yang diencerkan, larutan alkohol dengan setidaknya 70 persen alkohol, dan disinfektan rumah tangga merupakan cara yang efektif. 

    Cairan ini bukan untuk tangan Anda, melainkan untuk furnitur rumah tangga.


    Penggunaan larutan pemutih dapat digunakan jika memang sesuai untuk permukaan barang-barang rumah tangga. Jangan sekali-kali mencampur pemutih rumah tangga dengan amonia atau pembersih lainnya. 

    Pemutih pakaian yang tidak kedaluwarsa akan efektif melawan virus korona bila diencerkan dengan benar. Cara mengencerkan pemutih untuk disinfektan adalah dengan mencampurkan 5 sendok teh pemutih dengan satu galon air atau 4 sendok teh per liter air.

    Untuk permukaan halus seperti karpet, permadani, dan tirai, bersihkan kotoran yang terlihat bersihkan dengan pembersih yang sesuai untuk penggunaan pada permukaan ini.

    2. Membersihkan pakaian, handuk, kain atau barang lain yang perlu dicuci

    Pakailah sarung tangan sekali pakai saat menangani cucian kotor dari orang yang sakit dan kemudian buang sarung tangan setelah digunakan.

    Jika menggunakan sarung tangan yang dapat digunakan kembali, sarung tangan tersebut harus dikhususkan untuk keperluan pembersihan dalam mencegah penyebaran covid-19.Bersihkan tangan segera setelah sarung tangan dilepas.

    Jika tidak ada sarung tangan yang digunakan saat menangani cucian kotor, pastikan untuk mencuci tangan sesudahnya. Jika memungkinkan, jangan kocok cucian kotor. Ini akan meminimalkan kemungkinan penyebaran virus melalui udara.

    Jika memungkinkan, cucilah benda-benda dengan menggunakan pengaturan air yang paling hangat dan tepat untuk barang-barang tersebut dan keringkan sepenuhnya. Cuci tangan dengan benar setelah Anda bersih-bersih rumah.



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id