Faktor yang Memengaruhi Penurunan Gairah Seks Perempuan

    Timi Trieska Dara - 13 Desember 2019 19:12 WIB
    Faktor yang Memengaruhi Penurunan Gairah Seks Perempuan
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Dari hari ke hari, mayoritas perempuan mungkin melihat perubahan dalam gairah seksnya. Perubahan itu disebabkan oleh segala hal, mulai dari siklus menstruasi Anda, pertengkaran yang membuat frustrasi dengan pasangan, hingga kelelahan karena bekerja berjam-jam.

    Mungkin juga libido Anda berubah seiring bertambahnya usia. Tapi itu terjadi lantaran sejumlah faktor.

    "Dorongan seks sering menurun seiring bertambahnya usia," kata John Thoppil, MD, Ob-Gyn yang berbasis di Austin, Texas.

    Tentu saja, Anda tidak akan melihat perbedaan secara dramatis dalam libido Anda, karena kalender bergulir melewati ulang tahun ke 29 atau 39 tahun Anda. Lebih dari itu, faktor-faktor yang mengatur perubahan ini, seperti perubahan hormon, kehamilan, dan tanggung jawab keluarga yang meningkat. Hal ini cenderung terjadi ketika Anda beralih dari usia 20-an ke 40-an.

    Apa yang memengaruhi penurunan gairah seks Anda?

    Banyak faktor yang memengaruhinya. Seperti faktor biologis, dan beberapa faktor psikologis, yang memengaruhi apakah gairah seks Anda berada pada kecepatan penuh atau terhenti pada usia berapa pun.

    "Stres adalah pembunuh seks terbesar," kata Jennifer Landa, MD, seorang Ob-Gyn dan kepala petugas medis di BodyLogicMD di Orlando, Florida.

    Kegelisahan dan depresi juga bisa membuat hasrat berputar-putar. Dengan frustrasi, banyak antidepresan yang mengobati kondisi ini, serta obat-obatan lain, memiliki efek samping menghambat dorongan seksual juga.

    "Perasaan Anda tentang suami juga dapat memengaruhi hasrat. Hubungan yang kuat, dan hubungan seks yang diprioritaskan, membantu mendorong libido," kata Dr. Thoppil.

    Menurut Dr. Landa ada juga yang penting, seperti gaya hidup. Kebiasaan sehat, seperti makan makanan seimbang, berolahraga secara teratur, dan cukup istirahat, memengaruhi suasana hati Anda serta kesehatan Anda secara keseluruhan.

    Hormon adalah masalah besar lainnya. Tingkat hormon seks seperti testosteron (ya, wanita juga menghasilkan ini, dalam jumlah kecil), estrogen, dan progesteron semua secara alami mulai menurun ketika Anda bergerak selama beberapa dekade. Apesnya komponen itu yang berperan dalam menciptakan hasrat, gairah, dan orgasme.

    "Pada intinya, libido dan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan seks memang rumit. Sebab seks adalah campuran yang rumit dari identitas kita, perasaan kita, keinginan kita, dan tindakan kita," kata Shadeen Francis, seorang terapis hubungan dan penulis yang tinggal di Philadelphia.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id