Cara Menangani Ular yang Mampir ke Rumah

    Kumara Anggita - 18 Desember 2019 15:03 WIB
    Cara Menangani Ular yang Mampir ke Rumah
    Ular berukuran besar perlu ditangkap langsung dengan teknik memegang kepalanya. (Ilustrasi/Pexels).
    Jakarta: Tak ada yang mau rumahnya dihampiri ular tiba-tiba. Hal ini bisa buat panik dan akhirnya orang yang di dalam rumah melakukan tindakan-tindakan yang justru membahayakan diri dan juga si ular.

    Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan terjadi, Ketua Yayasan Sioux Ular Indonesia, Aji Rachmat memberikan cara simpel dalam menangani ular yang mampir ke rumah.

    Jangan pegang

    Sangking paniknya, orang ingin segera menyingkirkan apa pun yang berbahaya tanpa mengingat keamanan. Anda jadi asal pegang ular dengan cara yang tak tepat.

    “Prinsipnya kalau hadling ular tidak boleh menggunakan tangan langsung melainkan alat. Apa lagi orang awam tidak tahu spesies dan karakter ular jadi harus pakai alat,” jelasnya saat dihubungi Medcom.id, Rabu, 18 Desember 2019.

    Pakai alat yang ada di sekitar

    Untuk yang rumahnya sudah biasa dihampiri ular, mungkin penjepit ular sudah tersedia. Namun untuk yang tak punya persiapan, Anda bisa menggunakan alat-alat di sekitar Anda.

    “Kalau punya penjepit ular itu lebih bagus namun agak susah jdi pakai alat di rumah saja,” ungkapnya.

    “Alat di rumah yang bisa digunakan yaitu gagang sapu, pengki, serokan, ember. Jadi prinsipnya hanya menjepit ular lalu dimasukan ke dalam ember,” jelasnya.

    Lihat ukuran ular

    Namun tentunya, tak semua ular bisa diatasi dengan gagang sapu. Untuk ular berukuran besar, memang perlu ditangkap langsung dengan teknik memegang kepalanya. Ini tentunya harus dilakukan dengan hati-hati dan dengan cara yang tepat.

    “Untuk ular ukuran besar dipegang kepala ularnya. Ini ukurannya diatas satu meter, satu setengah meter pakai teknik tersebut. Tapi kalau ukuran kecil seperti bayi-bayi kobra jangan dipegang kepalanya. Karena akan langsung gigit. Kita pegang ekor atau badannya langsung gigit. Langsung balik gigi berbahaya,” jelasnya.

    Buang ke tempat yang jauh dari pemukiman

    Setelah berhasil menangkapnya, jangan dibunuh. Anda bisa meletakan ular tersebut dalam wadah yang aman dan amankan ke tempat yang jauh dari pemukiman. “Dibuang saja, dipindahkan. Ada area-area di tempat yang jauh dari pemukiman,” jelasnya.

    Itulah cara menangani ular. Jangan panik, lakukan penanganan yang tepat dan kembalikan si ular ke tempat asalnya.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id