Kiat Memasak dengan Lemak dan Minyak

    Sunnaholomi Halakrispen - 24 Januari 2020 16:55 WIB
    Kiat Memasak dengan Lemak dan Minyak
    Berikut solusi memasak dengan minyak dan lemak. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Makan makanan tanpa lemak dan minyak menjadikan tubuh lebih sehat. Namun, jika Anda tidak mungkin menerapkannya, lakukanlah cara terbaik dalam mengolah makanan dengan lemak dan minyak.

    Sebab, tidak semua lemak buruk. Lemak membuat makanan menjadi lebih berair dan empuk, menambah rasa dan tekstur pada apa yang Anda masak. Tapi, Anda memang perlu membatasi lemak.

    Berikut solusinya seperti ditulis oleh Christine Mikstas, RD, LD dalam WebMD dalam "Tips for Cooking With Fats and Oils".

    1. Hindari perangkap gemuk

    Panaskan minyak dengan baik, terlihat berkilauan kemudian tambahkan makanan Anda ke dalam wajan tersebut. Cobalah masak dengan campuran roti saat Anda menumis atau menggoreng. Dengan demikian, makanan menyerap lebih sedikit minyak.

    Jangan biarkan makanan mendingin di wajan atau makanan Anda akan menyerap minyak seperti ruang hampa, menjadi terlalu berminyak. Keluarkan makanan dari wajan segera setelah matang dan tiriskan di atas saringan atau di piring yang dialasi tisu untuk menyerap minyak.

    2. Pilihan minyak

    Minyak zaitun, kacang, dan kanola semuanya memiliki titik asap tinggi dan lebih menyehatkan. Gunakan jenis minyak itu dalam resep kue untuk muffin, kue, atau kue padat.

    Ketiganya juga dapat digunakan untuk memanggang dengan oven atau untuk menumis. Minyak kacang macadamia memiliki rasa yang lebih kuat, tetapi juga bekerja dengan baik untuk menggoreng dan memanggang.

    Selain itu, jagung, rami, biji labu, wijen, kedelai, dan minyak kenari, semuanya bekerja dengan baik dalam resep memanggang suhu rendah (seperti granola). Bisa juga untuk tumisan ringan atau cepat, dan untuk membuat saus.

    Kiat Memasak dengan Lemak dan Minyak
    (Lemak membuat makanan menjadi lebih berair dan empuk, menambah rasa dan tekstur pada apa yang Anda masak. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

    3. Ukur minyak

    Anda mungkin menggunakan lebih banyak minyak daripada yang Anda butuhkan. Terlalu banyak minyak menambah kalori dan dapat memengaruhi selera makanan. Anda mungkin hanya perlu satu sendok makan minyak atau lemak lain untuk menumis tiga sampai empat porsi daging atau ikan dalam wajan sebesar 10 inci.

    4. Lemak untuk flavour dan flakiness

    Untuk mencapai kesempurnaan serpihan dalam biskuit atau piecrust, Anda bisa menggunakan lemak padat seperti mentega. Anda mungkin juga memiliki resep yang rasanya lebih enak dengan sedikit lemak daging asap atau lemak bebek.

    Tetapi, lemak ini merupakan jenis lemak yang tidak sehat. Menggantinya dengan margarin rendah lemak mungkin tidak berfungsi atau terasa sama. Maka, upayakan untuk menyimpan suguhan ini untuk acara-acara khusus saja.

    5. Mentega asin vs mentega tawar

    Kebanyakan orang Amerika lebih menyukai rasa mentega asin. Tetapi untuk rasa terbaik dalam memasak, gunakan mentega tawar dan tambahkan sedikit garam hanya sesuai kebutuhan Anda.

    Menambahkan garam sendiri memberi Anda kontrol terhadap rasa. Bisa jadi Anda akan menemukan bahwa Anda sebenarnya tidak memerlukan kandungan garam sebesar yang tersaji dalam mentega asin.



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id