Usia Tepat Mengajarkan Organic Parenting pada Anak

    Raka Lestari - 27 Januari 2020 06:35 WIB
    Usia Tepat Mengajarkan Organic Parenting pada Anak
    Organic parenting adalah cara membesarkan anak dengan melakukan pola pengasuhan yang dekat dengan alam. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Organic parenting pada dasarnya bukanlah hal yang baru, tetapi memang metode ini mulai berkembang beberapa waktu belakangan ini.

    Organic parenting sendiri pada dasarnya adalah cara membesarkan anak dengan melakukan pola pengasuhan yang dekat dengan alam, ramah lingkungan, dan menggunakan semua yang natural atau alami.

    Lalu kapankah sebaiknya orang tua menerapkan pola organic parenting pada anak? Ayoe Soetomo, M.Psi, menjelaskan bahwa menerapan pola organic parenting bisa dilakukan sedini mungkin. 

    “Dalam menentukan kebiasaan, sebisa mungkin sudah dibentuk. Sedini mungkin dari proses kehamilan, orang tua sudah menyediakan makanan sehat,” ujar Ayoe, dalam acara diskusi bertajuk “Organic Parenting Semakin Tinggi Minat” di kawasan Jakarta Selatan, pekan lalu.

    Usia Tepat Mengajarkan Organic Parenting pada Anak
    (Organic parenting adalah cara membesarkan anak dengan melakukan pola pengasuhan yang dekat dengan alam, ramah lingkungan, dan menggunakan semua yang natural atau alami. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

    “Dengan menyediakan makanan yang sehat tersebut, ketika bayi lahir juga tentunya akan lebih sehat. Sehingga pada saat anak sudah besar, dia sudah memiliki kebiasaan baik tersebut,” ujar Ayoe. Ketika anak sudah terbiasa memiliki pola hidup sehat, ketika di manapun dia berada maka hidup sehat sudah menjadi gaya hidupnya. 

    Namun jika memang belum terbiasa, sebaiknya orang tua tidak memaksakannya kepada anak. “Jadi memang tidak bisa dipaksa, tapi harus dimulai perlahan yang jelas dimulai dengan memberikan contoh pada anak,” tambah Ayoe. 

    Misalnya saja dengan mencontohkan makan sayur atau tidak mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi pada anak dan memilih makanan yang lebih sehat. 

    “Tunjukan bahwa ini aktivitas yang menyenangkan, memang prosesnya tidak sebentar, apalagi kalau sudah lama kena paparan yang kurang sehat jadi memang butuh waktu dan konsistensi,” tutur Ayoe. 

    “Karena sebetulnya keputusan yang diambil anak, tergantung dari keputusan orang tua itu sendiri. Ketika orang tua memutuskannya lebih enak maka anak akan mengikuti.” 

    Menerapkan pola organic parenting sendiri memiliki dampak yang baik pada anak karena anak akan terbiasa dengan pola hidup yang sehat.



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id