Bagaimana Menghadapi Pasangan yang Kerap Kehilangan Hasrat?

    Kumara Anggita - 26 Juni 2020 20:05 WIB
    Bagaimana Menghadapi Pasangan yang Kerap Kehilangan Hasrat?
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Kehilangan hasrat adalah salah satu hal yang sering muncul dalam dinamika hubungan pasangan suami istri. Saat ini terjadi, Anda atau pasangan bisa jadi merasa sedih dan hasilnya hubungan pun menjadi canggung.

    Zoya Amirin, seorang Psikolog Klinis dengan sertifikasi Sexolog menjelaskan bahwa, ketika situasi ini terjadi Anda tak perlu terlalu mengambilnya secara personal. Pikirkan bahwa pasangan bisa saja sedang dalam tertekan karena banyak hal.

    “Ketika pasangan kehilangan hasrat tiba-tiba saat sedang bermesraan biasanya kita jadi bertanya-tanya apa yang salah dengan diri kita. Sering terjadi hasrat hilang bukan karena kesalahan istri, banyak pemicu stres yang bisa menghilangkan hasrat saat sedang bermesraan dan memulai bercinta,” papar Zoya dalam Roompi dengan Tema Meningkatkan gairah sex di masa New Normal (Menggungkap tips dan trik kehidupan sex pasutri) di Aplikasi Orami Parenting

    Selain itu, hindari untuk langsung membahas mengapa pasangan bertingkah laku seperti itu. Berikan waktu agar Anda dan pasangan bisa lebih tenang melihat masalah.

    “Apa pun itu alasannya, saran saya jika terjadi lagi, jangan langsung dibahas saat itu. berpelukan mesra saja sampai tidur. Keesokannya saat sarapan atau waktu agak santai, mintalah waktu suami untuk berdiskusi. katakan ‘sayang aku butuh waktu sekitar 15-30 menit mau diskusi perasaan aku boleh?’,” ungkap Zoya.

    Hindari juga untuk bilang ‘aku mau bicara’. Menurutnya, ini biasanya akan memicu pasangan untuk  resisten atau menolak atau bersikap negatif.

    “Jadi mintalah waktu untuk berdiskusi, efektif dengan waktu yg anda minta. Diskusikan perasaan anda ‘sayang, semalam ketika kita bermesraan lalu tiba-tiba kamu diam, kok saya merasa sedih dan entah kenapa merasa tidak menarik. Bolehkah kita diskusikan mencari jalan keluar dari kondisi ini?,” jelasnya.

    “Silahkan gunakan kata-kata gaya bahasa yang paling nyaman buat Anda. Intinya ungkapkan hanya perasaan anda terkait kejadian, bukan asumsi anda, carilah jalan keluar berdua,” tutupnya.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id