Kapan Anak Bisa Mandi Menggunakan Shower?

    Timi Trieska Dara - 12 September 2020 12:06 WIB
    Kapan Anak Bisa Mandi Menggunakan Shower?
    Anak Anda dapat beralih dari mandi ke pancuran segera setelah dia mampu melakukannya dengan aman dan membersihkan dirinya secara menyeluruh. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Melatih anak mandiri dapat dimulai dengan mengajarkan mereka cara merawat diri. Menjaga kebersihan diri penting ditanamkan sejak dini. 

    Dilansir Parents, Anda dapat membiarkan anak Anda untuk mandi sendiri segera setelah dia menunjukkan minat untuk memiliki privasi. Tapi Anda harus yakin bahwa si kecil dapat membersihkan dirinya secara menyeluruh.

    Mandi bisa dengan cara berendam di bak mandi (bathe) atau mandi di bawah pancuran (shower). Lantas, kapan waktu yang tepat anak bisa mandi menggunakan shower?

    Anak Anda dapat beralih dari mandi ke pancuran segera setelah dia mampu melakukannya dengan aman dan membersihkan dirinya secara menyeluruh (ini termasuk mencuci dan membilas rambutnya dan membersihkan bagian pribadinya).

    Kami menyarankan untuk mengikuti petunjuk anak Anda di sini dan menunggu sampai dia benar-benar menunjukkan minat untuk mandi, karena banyak anak suka bermain air saat mandi. 

    Kebanyakan anak tidak mulai bertanya tentang mandi sampai mereka mulai masuk sekolah dasar, sekitar usia 6 atau 7 tahun. Saat Anda mulai mengizinkan anak Anda untuk mandi, pastikan Anda melengkapi bak mandi dengan keset kamar mandi anti selip.

    Ingatkan anak Anda bahwa mandi adalah hak istimewa orang dewasa dan bahwa bercanda dan bermain-main saat mandi sangat berbahaya dan dapat menyebabkan dia cedera. 

    Ajari anak Anda untuk tidak pernah mengunci pintu kamar mandi saat dia mandi, dan tetap berada dalam jarak pendengaran untuk memastikan semuanya baik-baik saja.



    (YDH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id