Manfaat Asam Sitrat untuk Membersihkan Rumah Anda

    Raka Lestari - 29 Februari 2020 14:07 WIB
    Manfaat Asam Sitrat untuk Membersihkan Rumah Anda
    Fakta bahwa asam sitrat dapat dikonsumsi dan digunakan dalam makanan menjadikannya pilihan yang tidak berbahaya untuk membersihkan rumah Anda. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Mungkin asam sitrat merupakan salah satu bahan yang cukup familiar. Hal ini karena asam sitrat cukup sering digunakan untuk beberapa bahakan makanan, bahkan hingga produk kecantikan.

    Akan tetapi, banyak orang tidak menyadari bahwa asam sitrat juga merupakan bahan pembersih yang sangat berguna dan alami untuk rumah Anda.

    "Asam sitrat membantu memecah segala kotoran dan debu yang menumpuk," kata Melissa Maker, pendiri Clean My Space, seperti dikutip dari Well And Good.

    Fakta bahwa asam sitrat dapat dikonsumsi dan digunakan dalam makanan menjadikannya pilihan yang tidak berbahaya untuk membersihkan rumah Anda. Dan berikut ini adalah beberapa kegunaannya:

    Membersihkan mesin kopi

    Untuk membersihkan mesin kopi Anda, isi reservoir dengan air dan tambahkan beberapa sendok teh asam sitrat. Kemudian nyalakan mesin kopi seperti sedang membuat kopi. Setelah selesai, tumpukan kotoran yang ada pada gelas kopi tersebut akan menghilang dan bersih kembali.

    Membersihkan toilet

    Asam sitrat juga bisa digunakan untuk membersihkan kloset Anda. Tambahkan satu sendok makan ke dalam kloset anda dan diamkan selama 15 – 20 menit, kemudian Anda tinggal memencet tombol flush pada kloset dan sisa kotoran yang menempel pun akan hilang.

    Membersihkan bak cuci piring

    Membersihkan bak cuci piring mungkin bukanlah hal yang mudah, tetapi dengan menggunakan asam sitrat bisa membantu Anda. Taburkan satu atau dua sendok makan asam sitrat pada bak cuci piring Anda yang sudah kosong, biarkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan air keran. Semua kotoran dan kotoran yang menumpuk pun akan ikut hilang bersama air.

    Menyingkirkan endapan mineral

    Endapan mineral yang terbentuk dalam kamar mandi atau wastafel rumah Anda biasanya sulit dibersihkan hanya dengan air biasa. Dan asam sitrat dalah cara alami untuk menghilangkannya, dan yang perlu Anda lakukan hanyalah menambahkan beberapa sendok makan asam sitrat ke dalam air panas kemudian gosok wastafel atau kamar mandi Anda dengan spons dan bilas.

    Membersihkan area permukaan

    Dengan menambahkan beberapa sendok makan asam sitrat ke dalam botol semprot berisi air, Anda bisa menggunakannya untuk membersihkan shower, meja dapur, dan berbagai macam perabotan lainnya. Hindari penggunaan asam sitrat pada batu alam, seperti granit dan marmer karena asam sitrat akan menyebabkan kerusakan.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id