4 Cara agar Anak Mau Olahraga di Rumah

    Raka Lestari - 22 Juli 2020 06:11 WIB
    4 Cara agar Anak Mau Olahraga di Rumah
    Orang tua harus bisa mencontohkan kebiasaan berolahraga terlebih dahulu kepada anak mereka. (Foto: Freepik)
    Jakarta: Berolahraga merupakan kegiatan yang sangat dianjurkan, terutama pada masa pandemi covid-19 seperti saat ini. Olahraga dapat menjaga agar tubuh tetap sehat dan terbukti dapat menjaga sistem kekebalan tubuh.

    Namun sayangnya, terkadang anak-anak sulit sekali untuk diajak berolahraga. Agar anak mau berolahraga di rumah, yang perlu diingat adalah bahwa orang tua adalah role model.

    "Kalau kita mengharapkan anak suka berolahraga, maka kita sebagai orang tua harus bisa memberikan contoh kepada anak,” ujar Rr. Finandita Utari, M.Psi, seorang psikolog, dalam acara Webinar Memperingati Hari Anak Nasional oleh Zumba.

    Berikut cara agar anak terbiasa berolahraga di rumah:

    1. Time table

    Fina menyarankan agar orang tua bisa mencontohkan kebiasaan berolahraga terlebih dahulu. Seperti menciptakan budaya atau kebiasaan berolahraga. Kalau perlu membuat time table. Misalnya Senin sampai Jumat melakukan olahraga apa, begitu juga saat weekend.

    “Untuk menciptakan kebiasaan ini, bisa dilakukan selama tiga bulan karena daya adaptasi seseorang itu tiga bulan. Buatlah time table di tempat-tempat di mana anak sering lewat. Setelah perilaku baik terjadi, anak sudah mau olahraga, orang tua berikan apresiasi kepada anak,” saran Fina.

    2. Apresiasi

    4 Cara agar Anak Mau Olahraga di Rumah
    Apresiasi itu penting, namun reward kepada anak tidak harus melalui benda. Secara psikolog, ada yang namana social reward. Bentuknya bisa melalui penguatan sosial seperti dielus atau dipeluk setiap anak selesai melakukan olahraga.

    3. Jangan mengabaikan

    Kalau kita abai dalam memberikan apresiasi itu, maka anak akan merasa bahwa apa yang sudah dia lakukan di mata orang tua merupakan hal yang biasa-biasa saja.

    "Dengan begitu, anak bisa jadi kurang termotivasi. Selain barang, bisa juga dengan memberikan makanan kesukaan atau buah kesukaan,” saran Fina.

    4. Kreasi apresiasi

    Seperti diketahui, kejenuhan pasti melanda ketika anak hanya berada di rumah saja. Untuk itu agar lebih membuat mereka tertarik, buatlah kreativitas memberikan apresiasi kepada mereka, agar rutin melakukan olahraganya.

    4 Cara agar Anak Mau Olahraga di Rumah

    “Dan selama di rumah, kita juga tahu bahwa orang dewasa pun pasti bisa merasa jenuh. Maka dari itu, orang tua harus pandai dalam mengkreasikan reward yang diberikan kepada anak tersebut. Misalnya hari ini dipeluk, besok diberikan jus atau makanan kesukaan mereka,” tutup Fina.

    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id