Tips berbisnis dengan keluarga

    Kumara Anggita - 10 Desember 2019 11:08 WIB
    Tips berbisnis dengan keluarga
    Suasana acara Jakarta Halal Things di Jakarta. (Medcom.id/Kumara Anggita).
    Jakarta: Bisnis dengan keluarga ada keuntungan dan kesulitannya. Namun, menurut pasangan suami istri pembuat label fashion muslim, RiaMiranda yaitu Ria Miranda dan Pandu usaha semacam ini pantas untuk dicoba dan kendalanya sesungguhnya bisa diatasi.

    Salah satu prinsip yang mereka terapkan adalah memisahkan waktu keluarga dan waktu bekerja. Dengan seperti itu masalah jadi tidak tercampur.

    "Masalah ya ada di kantor namun kalau di rumha kita janjian kalau bisa tidak membahas (kerjaan)," ujar Ria dalam acara Jakarta Halal Things di Jakarta, Minggu, 8 Desember 2019.

    Bagi Pandu, usaha keluarga adalah usaha yang aman untuk dicoba. Ini karena baginya, keluarga adalah sosok yang bisa dipercaya.

    "Enaknya adalah ketika usaha dengan pasangan atau keluarga, tidak ada niat untuk mengkhianati karena kita bekerja sama dengan orang yang kita cintai. Tidak mungkin mau menjatuhkan satu sama lain atau mengambil untung sendiri karena ada membawa kekompakan keluarga. Jangan sampai gara-gara bisnis, hubungan keluarga jadi berantakan," ungkapnya.

    Walaupun beberapa usaha keluarga dalam prakteknya tidak semuanya berjalan dengan lancar. Dia percaya hubungan tersebut akan kembali lagi.

    "Hubungan memang ada dua, adik kakak atau suami istri dan hububfan profesional. Saya pernah punya pengalaman dengan keluarga. Ada satu masalah, saya bilang kalau kita tetap satu keluarga tapi hubungan profesional sampai di sini. Habis itu tidak ada marah-marahan," lanjutnya.

    Karena itu, dia menegaskan bila dalam berbisnis yang melibatkan keluarga, kuncinya adalah dengan memiliki kebesaran hati. "Susah, memang butuh kebesaran hati untik menerima itu (hubungan profesionalisme dan keluarga)," jelasnya.

    Jadi, apakah sekarang kamu jadi tertarik atau sudah siap membangun bisnis dengan keluarga? 





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id