Tips Menyimpan Dokumen Penting pada Keadaan Darurat

    Raka Lestari - 02 Januari 2020 11:29 WIB
    Tips Menyimpan Dokumen Penting pada Keadaan Darurat
    Amankan dokumen penting Anda. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Pada situasi darurat, seperti salah satunya adalah banjir yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia penting sekali untuk menyimpan dokumen-dokumen penting pada tempat yang aman. Dokumen-dokumen penting yang harus diselamatkan mulai dari ijazah, sertifikat barang berharga, polis asuransi, dan lainnya.

    Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda untuk memastikan dokumen-dokumen penting Anda berada di tempat yang aman pada kondisi darurat seperti dilansir dari Allstate:

    1. Menyortir dokumen mana yang ingin diamankan 

    Dimulai dengan memilih mana saja dokumen yang ingin Anda amankan. Federal Emergency Management Agency (FEMA) merekomendasikan untuk mengatur berbagai dokumen berbagai dokumen penting seperti berikut ini:

    - Catatan pribadi (akta kelahiran, pernikahan, perceraian, adopsi dan kematian)
    - Paspor, SIM, dan dokumen identifikasi pribadi lainnya
    - Kartu Jaminan Sosial
    - Sertifikat properti, akta, dokumen hipotek, dan catatan terkait properti yang Anda miliki
    - Dokumen keuangan (laporan bank, laporan pensiun, laporan pajak, dan catatan investasi)
    - Dokumen asuransi
    - Kunci brankas
    - Dokumen terkait kesehatan (catatan medis dan gigi, resep, salinan kartu asuransi kesehatan, informasi kontak penyedia layanan kesehatan)

    Tips Menyimpan Dokumen Penting pada Keadaan Darurat
    (Segera evakuasi dokumen-dokumen penting yang Anda punya jika hujan disinyalir lebat dan menyebabkan banjir. Foto: Pexels.com)

    2. Membuat dokumen cadangan dalam bentuk digital 

    Selanjutnya Anda perlu membuat cadangan dari setiap dokumen penting tersebut dalam bentuk digital. Anda bisa melakukan scan pada setiap dokumen-dokumen penting Anda tersebut. Jika Anda tidak memiliki alat untuk melakukan scan dokumen, bisa menggunakan aplikasi untuk melakukan scan dokumen.

    Anda dapat menyimpan salinan digital ini di flash drive USB atau di cloud. Jika Anda memilih untuk menyimpan cadangan Anda pada flash drive USB, FEMA menyarankan untuk menyimpannya dalam kotak brankas atau lokasi aman lainnya.

    FEMA juga merekomendasikan untuk memastikan bahwa salinan digital Anda menggunakan password sehingga tidak dapat diakses dengan mudah jika terjadi kehilangan atau pencurian.

    3. Cari tempat yang aman untuk menyimpan dokumen asli 

    Simpan dokumen asli tersebut dalam tempat yang aman, seperti rumah saudara atau brankas yang ada di luar kantor atau rumah Anda. FEMA juga merekomendasikan untuk memilih brankas yang tahan air dan api. 

    Namun, perlu diingat bahwa jika brankas tetap berada dalam kondisi kebakaran atau banjir aktif untuk jangka waktu yang lama, dokumen Anda mungkin masih akan mengalami kerusakan.

    Untuk itu, jangan menunggu sampai terjadi bencana dalam melindungi dokumen-dokumen penting Anda. Tindakan pencegahan ini dapat membantu memastikan bahwa kertas dan dokumen yang paling penting bagi Anda tetap aman bahkan dalam situasi darurat.





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id