Studi: Bertengkar dengan Pasangan Bikin Umur Panjang - Medcom

    Studi: Bertengkar dengan Pasangan Bikin Umur Panjang

    Dhaifurrakhman Abas - 28 Mei 2019 12:59 WIB
    Studi: Bertengkar dengan Pasangan Bikin Umur Panjang
    Saling bungkam bukan solusi untuk memecahkan masalah. (Foto Ilustrasi: Vera Arsic/Pexels)
    Hubungan asmara yang terjalin tidaklah selalu berjalan indah hari demi hari. Sebab selain momen bahagia, pasti juga ada saat pertengkaran. Entah itu terjadi karena perbedaan pendapat, atau karena emosi sesaat. Meski demikian, pertengkaran adalah wajar, bumbu pengerat hubungan. Adapula yang menyebut pertengkaran bikin hidup lebih panjang.

    Jakarta: Rasa bersalah kerap timbul setelah berdebat dan bertengkar hebat dengan kekasih. Tetapi tampaknya ada manfaat dari pertengkaran dengan pasangan yang tidak pernah kita ketahui.

    Tampaknya, suami atau istri yang memiliki momen pertengkaran dengan pasangannya cenderung hidup lebih lama dan lebih sehat. Hal ini dilontarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Biobehavioral Medicine.

    Dalam studi tersebut, peneliti mempelajari sekitar 192 pasangan yang dijadikan peserta penelitian. Mereka dijadikan peserta penelitian dalam jangka waktu lebih dari 32 tahun.

    Adapun tujuan penelitian tersebut mulanya untuk mengetahui bagaimana perilaku seseorang memengaruhi kematian pasangan mereka. Setiap pasangan kemudian ditanyakan pertanyaan terkait dengan, bagaimana mereka bereaksi terhadap konflik dalam hubungan mereka.

    Misalnya, apakah mereka suka memendam emosi mereka, mengasingkan diri, bereaksi berlebihan terhadap situasi. Atau mungkin mereka lebih suka mengatakan apa pun yang ada dalam pikiran mereka.

    Setelah masa studi selesai, para peneliti menyimpulkan penemuan unik. Mereka mengungkapkan bahwa pasangan yang memiliki cara yang sama dalam menanggapi pertengkaran cenderung hidup lebih lama daripada mereka yang memiliki gaya respons yang berbeda.

    Maksudnya, jika seorang pasangan pria lebih suka melepaskan amarahnya dan dibalas dengan hal yang sama oleh pasangan perempuan, maka, mereka memiliki peluang lebih besar hidup lebih lama.

    Selain itu para peneliti juga berpendapat bahwa cara terbaik untuk menangani konflik pertengkaran dalam suatu hubungan adalah dengan membicarakannya. Hal ini lebih baik ketimbang hanya membungkam dan menyembunyikan di dalam benak.

    Sebab bungkam dianggap cara yang tidak pernah mengarah untuk memecahkan masalah. Sebaliknya, membungkam justru tidak solutif.

    Sementara itu, pasangan yang mengekspresikan permasalahan dan pendapat kepada pasangan mereka, cenderung lebih sedikit mengalami pertengkaran dalam hubungan yang mereka jalin. Sebab mereka selalu mencari solusi untuk memecahkan masalah secara bersama-sama.

    Aktivitas di Luar Rumah Bantu Alihkan Anak dari Gawai




    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id