Dampak dari Pandemi Terhadap Kemampuan Bersosialisasi

    Raka Lestari - 02 Oktober 2020 11:29 WIB
    Dampak dari Pandemi Terhadap Kemampuan Bersosialisasi
    Ilustrasi-Freepik
    Jakarta: Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini tentunya menghadirkan dampak negatif pada kehidupan kita. Yang paling terasa adalah, dampak terhadap kemampuan kita bersosialisasi.

    Dengan adanya physical distancing, membuat kita harus bisa menjaga jarak dengan sesama. Atau contoh kecil lain adalah, bersalaman.

    Seperti khas bersosial ala ketimuran, kita kerap bersalaman jika berjumpa dengan seseorang. Kini cara itu diubah dengan hanya bersalaman ala India, atau kerap disebut Namaste, dan bisa juga beradu siku.

    Selain itu, kita tidak boleh keluar rumah, kecuali ada keperluan yang mendesak dan itupun wajib menjalankan protokol kesehatan. Salah satunya menerapkan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Kebiasaan baru tersebut dapat menyebabkan perasaan cemas, impulsif, dan intoleransi terhadap orang lain.

    "Hal pertama yang harus dipahami adalah bahwa ada alasan biologis untuk ini. Dan ini bukanlah penyakit atau gangguan mental,” kata Stephanie Cacioppo, Ph.D., direktur Brain Dynamics Laboratory di University of Chicago.

    “Berkurangnya interaksi dengan manusia lain dari waktu ke waktu dapat menyebabkan efek yang tidak bisa dihindarakan, yang memaksa otak Anda berada pada survival mode. Dan, ketika otak sudah menyiapkan mode figh or flight tersebut sebagai akibat dari melakukan isolasi, Anda mungkin akan menjadi terlalu sensitif terhadap orang lain dan dalam memberikan reaksi pada suatu hal," sambung Stephanie.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id