Menakar Manfaat dan Kerugian Penggunaan Gawai

    Anda Nurlaila - 20 Agustus 2019 13:08 WIB
    Menakar Manfaat dan Kerugian Penggunaan Gawai
    Ilustrasi--Pexels
    Ponsel pintar memiliki dua sisi, positif dan negatif yang dapat meningkatkan dan mengurangi kualitas kehidupan Anda. Bahkan, di hampir semua tempat, saat melihat di sekeliling orang banyak menghabiskan waktu dengan ponsel.


    Jakarta: Sepanjang hari siapa yang paling sering Anda ajak berinteraksi? Alih-alih menyebutkan nama seseorang, sebagian dari kita mungkin akan menjawab ponsel pintar.

    Seperti semua jenis hubungan apa pun, ponsel pintar memiliki dua sisi, positif dan negatif yang dapat meningkatkan dan mengurangi kualitas kehidupan Anda. Seperti dimuat dalam WebMD, ada beberapa pengaruh positif produk teknologi ini:

    Membuat Anda terlibat: Di hampir semua tempat, saat melihat di sekeliling orang banyak menghabiskan waktu dengan ponsel. Mereka biasanya mencari informasi, terhubung dengan teman, menonton video, atau bermain game.

    Informatif: Ponsel adalah alat luar biasa untuk mempelajari informasi baru. Hal rumit fisika kuantum atau sesederhana mencari tahu pengisi suara Toy Story 4 dapat diperoleh lewat gawai.

    Membantu terhubung dengan keluarga dan teman: Ponsel memungkinkan Anda terhubung dengan orang lain dalam berbagai cara antara lain panggilan suara, FaceTime, SMS, atau aplikasi perpesanan.

    Bertemu orang baru dari seluruh dunia: Baik dengan melihat item berita dan berkomentar, atau terlibat dalam grup dalam jaringan. Selain terhubung dengan orang di seluruh dunia, di saat yang sama Anda belajar tentang pengalaman, pendapat, budaya, dan nilai-nilai mereka.

    Menawarkan kenyamanan: Setiap kali merasa emosional seperti bosan, sedih, cemas, atau kewalahan, telepon genggam menawarkan gangguan atau kenyamanan, tergantung pilihan Anda. Meski ini adalah manfaat aslinya, ponsel juga dapat mengurangi kehidupan Anda.

    Di sisi negatif, hubungan Anda dengan ponsel Anda mungkin:

    Mengalihkan dari aktivitas dunia nyata: Aktivitas konstan di ponsel dapat menjauhkan dari dunia sebenarnya. Disiplinkan diri untuk menghindari pemakaian gawai pintar secara teratur dan terhubung kembali dengan kehidupan nyata.

    Mengganggu hubungan dengan orang lain: Ponsel mungkin dapat menghubungkan Anda dengan orang lain, tapi tidak semuanya. Kebiasaan terlalu sering bermain game, menonton Youtube dapat merugikan hubungan.

    Membatasi kualitas hubungan: Panggilan telepon atau video tidak memberi rasa kedekatan yang sama dengan dengan pertemuan secara langsung. Ingatlah bahwa pesan tidak seakrab panggilan telepon, yang tidak seakrab bertemu secara langsung. Kehangatan memeluk seorang teman atau kenyamanan atau kegembiraan secara fisik bersama pasangan tentu lebih membahagiakan.

    Sulit tidur di malam hari: Mereka yang sering mengecek dan terlalu terlibat dengan ponsel cenderung terjaga hingga malam. Cahaya biru ponsel juga merangsang otak Anda sehingga Anda lebih sulit tidur.

    Setelah menyadari manfaat dan kerugiannya, sebaiknya gunakan gawai sebagai alat mempermudah kehidupan.



    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id