4 Tempat 'Haram' Menyimpan Pil Kontrasepsi

    Kumara Anggita - 16 September 2019 18:16 WIB
    4 Tempat 'Haram' Menyimpan Pil Kontrasepsi
    Berhati-hatilah dalam menyimpan pil kontrasepsi agar efektivitasnya tak terganggu. (Foto Ilustrasi: Marieclaire)
    Jakarta: Pil Kontrasepsi untuk menunda kehamilan tidak boleh diletakkan sembarangan, karena nanti efektivitasnya akan berkurang. Sebagian besar obat harus disimpan di tempat yang kering pada suhu kamar antara 68 hingga 77 derajat.

    Melansir dari Marie Claire,oObat-obatan berbasis hormon atau protein, seperti pil kontrasepsi merupakan salah satu obat yang dipengaruhi oleh suhu. Dr. Margaret Long, OB-GYN pun memberi tahu tempat-tempat bahaya yang bisa merusak efektifitas pil kontrasepsi.

    Berikut tempat-tempat yang tidak aman untuk menyimpan pil kontrasepsi:

    -Kamar mandi

    Kamar mandi merupakan tempat yang sangat tidak dianjurkan mengingat tempat tersebut begitu lembap. Tempat yang lembat dapat memecah obat.

    Menurut Dr. Long lemari obat adalah salah satu tempat terburuk untuk menyimpan obat-obatan, karena kelembapan dan panas dari kamar mandi dapat merambat ke dalam.

    -Pesawat

    Ketika bepergian menggunakan pesawat, letakan pil Anda di tas yang Anda pakai. Ini karena suhu di bagasi bisa dingin sehingga merusak pil tersebut.

    "Kontrol suhu untuk kompartemen bagasi tidak sama dengan kabin," kata Dr. Long.

    -Mobil

    Mungkin Anda ingin praktis dengan meletakannya di mobil Anda. Namun panasnya suhu mobil juga bisa merusak efektivitas dari pil. Anda harus memperlakukan pil tersebut seperti hewan peliharaan.

    “Pil KB tidak dimaksudkan untuk disimpan di dashboard mobil Anda atau di laci Anda,” jelas Dr. Long.

    "Kamu tidak seharusnya meninggalkan hewan peliharaan di mobil terlalu lama. Jika di suhu 60 derajat Anda keluar untuk secangkir kopi maka itu bukan masalah besar. Tapi, jika suhunya 98 derajat, kau tidak akan bisa meninggalkan anjingmu di dalam mobil,” pungkasnya.

    -Ransel

    Meletakan hal penting di dalam tas adalah hal umum yang dilakukan orang-orang. Namun baiknya, jangan bawa pil-pil tersebut setiap hari di tas Anda. Suhu di luar bisa panas dan dingin sehingga bisa merusak pill. Karena itu, Dr. Long menyarankan agar Anda meninggalkannya di rumah saja.

    Sekarang, Anda perlu lebih berhati-hati dalam menyimpan pil kontrasepsi agar efektivitasnya tak terganggu. Jauhkan dari suhu yang terlalu dingin atau panas.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id