Dibutuhkan Komitmen Bersama untuk Membangun Budaya Baca

    K. Yudha Wirakusuma - 15 September 2020 12:17 WIB
    Dibutuhkan Komitmen Bersama untuk Membangun Budaya Baca
    Pengukuhan Bunda Literasi dan Duta Baca Daerah Provinsi Kalimantan Tengah. (Foto: Istimewa)
    Jakarta: Pandemi covid-19 belum kunjung berlalu, namun kondisi ini bukan berarti upaya meningkatkan literasi berhenti. Upaya untuk meningkatkan literasi dapat dimulai dari lingkungan keluarga, salah satunya lewat meningkatkan minat baca pada anak.

    Selain itu, salah satu dukungan meningkatkan meningkatkan literasi yaitu melalui kegiatan yang dilakukan adalah pengukuhan Bunda literasi. Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran dikukuhkan sebagai Bunda Literasi Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) periode 2020-2021. Pelantikan dilakukan secara online, Selasa, 15 September 2020.  

    Pengukuhan ini merupakan rangkaian dari Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca Nasional.

    Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran dikukuhkan Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas)  yang diwakili oleh Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Deni Kurniadi. 

    Acara juga dilanjutkan dengan pengukuhan Glory kriswantara sebagai duta baca daerah Provinsi Kalteng dan pengukuhan Novi Silvia dan Duta Baca anak/remaja daerah provinsi Kalteng. Setelah itu ada Pencanangan Gerakan Kalimantan Tengah Membaca.

    Dalam pesan tertulisnya, Kepala perpusnas Muhammad Syarif Bando meyakini bahwa Bunda literasi Kalteng mampu menjadi teladan bagi masyarakat supaya membaca menjadi bagian budaya masyarakat Kalteng.

    “Saya percaya bahwa saudari dapat menjadi role model dan menginspirasi dalam mewujudkan pemerintah Kalteng yang terbuka dan berbasis elektronik,” kata Syarif Bando.

    Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Deni Kurniadi mengatakan, mereka yang dikukuhkan ini akan menjadi pembela dan pejuang membaca di daerahnya masing-masing. Menurut dia, gerakan budaya membaca bukan hanya tugas pemerintah. Ini tugas semua komponen masyarakat.

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id