Tips Tingkatkan Interaktivitas Keluarga Ketika di Rumah Saja

    Sunnaholomi Halakrispen - 27 September 2020 15:00 WIB
    Tips Tingkatkan Interaktivitas Keluarga Ketika di Rumah Saja
    Menonton film anak dengan pesan yang baik dan menerangkan pada anak-anak bisa jadi waktu yang berkualitas. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Pandemi covid-19 membuat sebagian masyarakat menjalani aktivitas keseharian di rumah, mulai dari kerja hingga sekolah online. Namun, bagaimana cara yang tepat agar interaktivitas keluarga bisa terjaga dengan baik?

    Menurut Kepala Sekolah.mu, Najelaa Shihab, kondisi saat ini mendatangkan rutinitas baru yang dilakukan bersama-sama. Apabila sebelumnya mungkin tidak ada rutinitas makan siang karena isi rumah sepi, maka kini berbeda.

    "Wabah korona ini ada rutinitas baru, jadi ada jeda di waktu yang bersamaan. Sebagian teman juga menjadi suka masak. Jadi ada waktu sama-sama. Mungkin kalau enggak bisa masak tiga kali sehari, ya bisa siapin sarapan, bareng-bareng atau pas weekend," ujarnya dalam webinar Kelas Pintar-Pendidikan, Sahabat Ibu Pintar.

    Aktivitas baru yang bisa dicoba dilakukan bersama-sama, misalnya, bersepeda di sekitar rumah. Tentunya, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Begitu pula dengan aktivitas lainnya. 

    Tips Tingkatkan Interaktivitas Keluarga Ketika di Rumah Saja
    (Rutinitas bersama keluarga dilakukan bersama dalam rumah. Lakukan beberapa waktu yang berkualitas bersama keluarga. Foto: Istimewa)

    "Jadi yang namanya waktu di rumah itu bukan berarti 24 jam kita sama anak-anak kita," tuturnya. Ia memaparkan bahwa wajar jika tidak mungkin selama 24 jam di rumah mengharuskan fisik dan pikiran berada di jalur yang sama. 

    Sebab, masing-masing anggota keluarga memiliki waktu mandiri dalam keseharian di rumah. Di antaranya, ada yang belajar, bekerja, hingga ada yang mengurus rumah tangga.

    Hal yang perlu ditekankan, ialah memiliki waktu bersama-sama juga meskipun tidak selama 24 jam sehari. Di sisi lain, ada bonus positif yang didapatkan dengan kondisi pandemi covid-19 saat ini.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id