Manfaat Probiotik pada Kehidupan Awal Bayi

    Raka Lestari - 31 Juli 2020 06:05 WIB
    Manfaat Probiotik pada Kehidupan Awal Bayi
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Asupan probiotik memiliki peran yang cukup penting bagi bayi, terutama pada 1000 hari pertama kehidupan mereka. Asupan probiotik yang cukup dapat membentu mengoptimalkan kesehatan pencernaan pada bayi.

    “Asupan probiotik di awal kehidupan bayi didapatkan dari ASI karena mampu membantu mengoptimalkan kesehatan saluran cerna, meningkatkan daya tahan tubuh serta menunjang tumbuh kembang anak,” ujar dr. Lupita Wijaya, Medical Executive PT Kalbe Farma Tbk, dalam acara Webinar Media bertema “Peran Probiotik Di 1000 Hari Pertama Kehidupan”.

    Menurut dr. Lupita, sekitar 60 persen ususi bayi pada 1 bulan pertama didominasi oleh probiotik Bifidobacterium. Probiotik ini sudah dimiliki sebesar 21 persen sejak hari pertama bayi lahir ke dunia secara per vaginam, dan akan mencapai 100 persen pada usia 3 tahun.

    Namun sayangnya, jumlah Bifidobacterium bisa menurun karena adanya beberapa faktor seperti bayi terpapar antiobiotik, asupan ibu sejak hamil, dan menyusui kurang sehat.

    “Jumlah bifidobacterium yang rendah dapat memiliki efek pada bayi, di antaranya adalah dapat meningkatkan risiko alergi, infeksi pencernaan dan pernapasan, obesitas, hingga gangguan tumbuh kembang termasuk kognitif dan stunting,” ujar dr. Lupita.

    Untuk mendapatkan asupan probiotik yang cukup, ibu hamil dan menyusui juga perlu memerhatikan asupan makanan mereka. Agar bayi mereka bisa tetap mendapatkan probiotik yang cukup. Sederhananya, di tubuh ibu sebenarnya sudah ada probiotik.

    “Dan jika ingin mendapatkannya dari makanan, ada beberapa makanan yang mendukung untuk pemenuhan probiotik seperti tempe, oncom, acar timun, yogurt, dan keju, itu sudah mengandung probiotik," ujar dr. Lupita.

    "Makanan luar negeri seperti Kimchi, itu juga mengandung probiotik. Dan buah-buahan seperti pisang juga mendukung pemenuhan probiotik pada tubuh,” tutup dr. Lupita.

    (FIR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id