Mengapa Seseorang Tidak Suka Dipeluk?

    Raka Lestari - 23 Januari 2020 12:23 WIB
    Mengapa Seseorang Tidak Suka Dipeluk?
    Menurut penelitian, berpelukan dan bersentuhan dapat memiliki efek pada sistem kekebalan tubuh atau menurunkan risiko depresi. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Berpelukan memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah bisa menenangkan seseorang. Berpelukan juga bisa meningkatkan koneksi dengan seseorang, misalnya saja antara ibu dengan anak.

    Menurut penelitian, berpelukan dan bersentuhan dapat memiliki efek pada sistem kekebalan tubuh atau menurunkan risiko depresi.

    Namun ternyata, tidak semua orang suka dipeluk atau disentuh. Meskipun berpelukan atau bersentuhan merupakan sesuatu yang normal dalam kehidupan sehari-hari, beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman dengan kedekatan pada seseorang.

    "Dalam budaya kita, orang belajar untuk menikmati sentuhan. Dan menghubungkannya dengan hal-hal baik seperti cinta, keamanan, dan kehangatan dari pengalaman mereka dengan pengasuh mereka sebagai anak-anak," kata Aline Zoldbrod, PhD, seorang psikolog berlisensi dan terapis seks di Boston, seperti dimuat thehealthy.

    Menurutnya orang-orang yang dipeluk dalam keluarga lebih mungkin menikmati atau menyukai pelukan. “Akan tetapi banyak orang tumbuh dalam keluarga yang mungkin bisa dibilang tidak hangat, dan berpelukan adalah sesuatu yang tidak dilakukan,” kata Zoldbrod.

    Mereka yang tumbuh dalam keluarga yang cuek, menakutkan, atau kasar mungkin memiliki asosiasi yang berbeda mengenai sentuhan dan pelukan.

    National Domestic Violence Hotline di Amerika Serikat melaporkan bahwa sekitar 25 persen wanita dewasa dan 14 persen pria dewasa di Amerika pernah mengalami kekerasan fisik oleh pasangan (atau keluarga dan teman)setidaknya sekali dalam hidup mereka.

    “Pengalaman-pengalaman tersebut disimpan dalam tubuh, dan mengganggu pengalaman mereka akan sentuhan. Ketika trauma disimpan dalam memori implisit dalam tubuh, itu membuat seseorang menjadi tidak suka dipeluk atau disentuh,” ucap Zolbrod.

    Jika Anda merasa sedikit tidak nyaman terhadap sentuhan atau pelukan, tetapi ingin mencoba untuk menikmati pelukan dan sentuhan Zoldbrod menyarankan untuk mencari tahu apa yang membuat Anda menjadi tidak suka disentuh atau dipeluk.

    “Apakah ada sesuatu yang terjadi yang membuat Anda tidak suka sentuhan? Jika hal itu yang terjadi, pertimbangkan untuk mengeksplorasi topik tersebut dengan bantuan ahli kesehatan mental yang berpengalaman. Anda dapat mengubah emosi Anda terkait dengan sentuhan, tetapi dibutuhkan kesabaran, kasih sayang, dan pelatihan khusus, ”tutup Zoldbrod.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id