Cara Merawat Tanaman Hias di Rumah

    Kumara Anggita - 29 September 2020 10:12 WIB
    Cara Merawat Tanaman Hias di Rumah
    Tanaman hias adalah tanaman yang akan membuat rumah Anda terlihat cantik. Namun di sisi lain, tanaman-tanaman ini bisa mati mendadak. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Tanaman hias adalah tanaman yang akan membuat rumah Anda terlihat cantik. Namun di sisi lain, tanaman-tanaman ini bisa mati mendadak.

    Untuk menghindarinya, ikutilah beberapa langkah merawat tanaman di bawah ini.

    Menggunakan media yang tepat

    Dikutip dari The Garden Granny, sebelum mulai memanfaatkan tanaman hias ke dalam rumah, perlu Anda ketahui jenis media apa yang cocok untuk tanaman tersebut. Anda perlu memastikan bahwa tanah di dalam pot bagus atau tidak. Anda harus memberi pupuk pada tanah. Ini akan membuat tanah bergizi sehingga kebutuhan akan tanaman tercukupi.

    Perhatikan intensitas air

    Semua tanaman secara alami membutuhkan air untuk tumbuh. Agar tanaman hias bisa tumbuh dengan baik, sirami tanaman seminggu sekali. Usahakan menyiram tanaman secara teratur.

    Dalam menyiram tanaman usahakan memperhatikan intensitas air. Jangan menyirami tanaman terlalu banyak. Air yang tergenang di dalam pot akan membuat tanaman menjadi busuk. Anda harus memastikan bahwa air untuk tanaman cukup. Jika tanaman kekurangan air, tanaman akan layu.

    Pilih tanaman yang tepat

    Seperti yang anda ketahui banyak sekali tanaman hias yang bisa digunakan untuk mempercantik rumah. Namun, usahakan untuk memilih tanaman yang dapat hidup pada suhu ruangan (± 25 ° C). Cara ini akan memudahkan Anda dalam merawat tanaman hias.

    Keluarkan tanaman secara teratur

    Seperti air, sinar matahari adalah hal yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh. Oleh karena itu, Anda harus mengeluarkan tanaman dan meletakkannya di tempat yang terkena sinar matahari. obalah untuk mengeluarkan tanaman setidaknya sekali setiap dua minggu. Dengan demikian, kebutuhan sinar matahari akan terpenuhi.

    Perhatikan kelembaban udara

    Anda perlu memastikan kelembapan udaranya bagus. Anda bisa meletakkan wadah berisi air di sekitar tanaman agar kelembaban udara di sekitar tanaman tetap terjaga.

    Ganti pot secara berkala

    Semakin lama tanaman akan tumbuh dan menjadi lebih besar. Karena itu Anda harus mengganti tanaman dalam pot. Taruh tanaman di pot yang lebih besar. Hal ini dimaksudkan agar akar tanaman mempunyai ruang untuk tumbuh kembali. Pilih pot yang memiliki drainase air yang baik. Ini untuk menghindari genangan air di dalam pot.

    Pangkas tanaman

    Tanaman yang sehat adalah tanaman yang terawat dengan baik. Rawat tanaman dengan baik. Jika daun tanaman sudah bertambah, pangkas. Potong daun yang rusak. Dengan cara ini daun yang rusak tidak akan menyebar ke daun lain.

    Selalu bersihkan tanaman

    Seperti kita ketahui, debu bisa hinggap dimana-mana, termasuk di tumbuhan. Debu yang menempel pada tanaman dapat menghambat fotosintesis tanaman dan akibatnya pertumbuhan tanaman akan terhambat. Selain itu, debu yang menempel pada tanaman akan mengurangi keindahan tanaman itu sendiri.



    (YDH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id