Ragam Teknik Psikoterapi

    Sunnaholomi Halakrispen - 02 November 2019 06:00 WIB
    Ragam Teknik Psikoterapi
    Beberapa bentuk psikoterapi ialah interaksi yang terjalin satu-satu dengan seorang terapis. (Foto: Christina Morillo/Pexels)
    Jakarta: Psikolog dan psikiater sekilas memiliki tugas yang sama, karena berfokus pada perilaku atau pikiran para kliennya. Tapi, ada banyak jenis teknik dari psikoterapi yang perlu Anda ketahui.

    Konseling berfokus pada isu-isu spesifik dan dirancang untuk membantu seseorang mengatasi masalah tertentu. Contohnya mengenai kecanduan atau manajemen stres.

    Fokusnya bisa saja pada pemecahan masalah atau belajar teknik-teknik khusus untuk mengatasi atau menghindari bidang-bidang masalah. Konseling juga biasanya lebih bersifat jangka pendek dari pada terapi.

    Psikoterapi lebih bersifat jangka panjang dari pada konseling dan berfokus pada berbagai masalah yang lebih luas. Prinsip yang mendasarinya ialah pola berpikir dan perilaku seseorang memengaruhi cara orang itu berinteraksi dengan dunia.

    Bergantung pada jenis psikoterapi tertentu yang digunakan, tujuannya untuk membantu orang merasa lebih siap untuk mengelola stres, serta memahami pola perilaku yang dapat mengganggu pencapaian tujuan pribadi.

    Kemudian, agar orang memiliki hubungan yang lebih memuaskan, serta lebih baik mengatur pemikiran dan emosi mereka. Respons terhadap situasi yang membuat stres pun perlu diperhatikan.

    Jika seseorang memiliki bentuk penyakit mental seperti depresi, gangguan bipolar, skizofrenia, atau gangguan kecemasan, psikoterapi juga membahas cara penyakit memengaruhi kehidupan sehari-hari mereka. Hal ini berfokus pada bagaimana cara terbaik memahami penyakit dan mengelola gejalanya serta mengikuti rekomendasi medis.

    Jenis psikoterapi sendiri ada banyak pendekatan disebut juga terapi bicara. Berbagai jenis psikoterapi seringkali lebih cocok untuk jenis masalah tertentu.

    Contohnya, beberapa psikoterapi dirancang terutama untuk mengobati gangguan seperti depresi atau kecemasan. Sementara yang lain lebih fokus pada membantu orang mengatasi masalah dengan hubungan atau hambatan untuk kepuasan hidup yang lebih besar.

    Ragam Teknik Psikoterapi
    Jenis psikoterapi sendiri ada banyak pendekatan disebut juga terapi bicara. (Foto: The Coach Space/Pexels)

    Beberapa bentuk psikoterapi ialah interaksi yang terjalin satu-satu dengan seorang terapis, sementara yang lain berbasis kelompok atau berbasis keluarga. Menurut American Psychological Association, pendekatan-pendekatan itu terbagi dalam lima kategori besar.

    Pertama, Terapi Psikoanalitik atau Psikodinamik. Gagasan di balik terapi semacam ini ialah adanya patokan bahwa kehidupan orang dipengaruhi oleh masalah dan konflik yang tidak disadari.

    Tujuan dari terapis ini, untuk membantu orang membawa masalah-masalah itu ke tingkat sadar di mana mereka dapat dipahami dan ditangani. Ini mungkin melibatkan menganalisis mimpi atau menjelajahi sejarah pribadi seseorang.

    Kemudian, ada Terapi Perilaku. Pendekatan terapi ini berfokus pada pembelajaran dan perilaku dalam upaya mengubah pola perilaku yang tidak sehat. Beberapa terapis mencoba membantu pasien mempelajari hubungan baru dengan menggunakan sistem penghargaan dan hukuman untuk menghasilkan perubahan perilaku tertentu.

    Pendekatan lain mungkin melibatkan serangkaian paparan terkontrol terhadap pemicu fobia. Tujuannya, untuk membuat orang yang peka menjadi tak berdaya, menjadi ketakutan yang tidak masuk akal.

    Selanjutnya, Terapi Kognitif. Penekanan dalam terapi kognitif ialah pada pikiran seseorang. Idenya, pemikiran disfungsional yang menyebabkan emosi atau perilaku disfungsional. Tujuannya untuk membantu orang tersebut mengenali pola berpikir yang tidak sehat dan untuk mengenali dan mengubah kepercayaan yang tidak akurat.

    Ada juga Terapi Humanistik. Pendekatan terapi ini didasarkan pada gagasan bahwa orang mampu membuat pilihan rasional dan mengembangkan potensi maksimal mereka. Pendekatan terapi ini sering berpusat pada klien, dengan klien dilihat sebagai otoritas atas apa yang terjadi di dalam.

    Lalu, Terapi Integratif atau Holistik. Pendekatan ini bergantung pada pengintegrasian beberapa pendekatan terapi berdasarkan kebutuhan individu klien. Misalnya, terapi perilaku kognitif adalah kombinasi dari dua terapi individu dan berfokus pada pikiran serta perilaku.

    Sementara itu, perlu diingat bahwa menemukan profesional kesehatan mental dan pendekatan yang tepat untuk terapi sama pentingnya dengan menemukan dokter medis yang tepat. Jika Anda berencana menemui psikolog atau psikiater atau profesional kesehatan mental jenis lain, Anda harus mulai dengan menanyakannya ke profesional.

    Tanyakan tentang pendekatan profesional untuk menangani masalah mental dan bagaimana dia umumnya bekerja dengan klien. Begitu pula tentang apakah dia menerima asuransi dan bagaimana pembayarannya akan ditangani.

    Kemudian, jelaskan alasan Anda ingin membuat janji bertemu dengannya dan tanyakan soal berpengalaman dia dalam menangani masalah seperti yang tengah Anda alami. Apabila Anda merasa nyaman berbicara dengannya, langkah selanjutnya ialah membuat janji untuk bertemu atau berkonsultasi lebih lanjut.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id