Tanda Ketika Kucing Bahagia

    Sunnaholomi Halakrispen - 16 Mei 2020 14:59 WIB
    Tanda Ketika Kucing Bahagia
    Menurut sebuah penelitian dari Oregon State University, sebagian besar kucing memang terikat dengan pemiliknya. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Ingin tahu apakah Anda punya kucing yang bahagia? Jika anak kucing Anda menunjukkan perilaku mendengkur, jawabannya adalah iya. Namun terkadang, stereotip ada karena suatu alasan tertentu.

    Bahkan dengan ras kucing yang penuh kasih sayang, sulit untuk mengatakan apakah kucing Anda mencintai Anda, menyukai Anda, atau hanya sedikit mentolerir Anda. Lalu untuk  menilai apakah Anda punya kucing yang bahagia atau tidak.

    Tapi kabar baiknya, menurut sebuah penelitian dari Oregon State University, sebagian besar kucing memang terikat dengan pemiliknya. Seperti dilansir Reader's Digest, para peneliti mengamati 70 anak kucing yang berusia antara tiga dan delapan bulan dan menemukan bahwa mayoritas atau 64 persen memiliki ikatan yang aman dengan pemiliknya. Namun, sejumlah tanda bisa memperlihatkan apakah kucing Anda bahagia.

    1. Bergesekan denganmu

    Perhatikan apakah kucing Anda kerapkali bergesekan atau menyandarkan tubuhnya terhadap Anda. Sebab kucing yang hidup bersama alan memiliki ikatan sosial yang kuat dengan orang yang merawat dan menyandarkan tubuh mereka.

    "Ketika kucing menggosok-gosokkan diri kepada kita, mereka meninggalkan minyak untuk menandai kita. Tetapi itu juga merupakan tanda bahwa mereka menyukai kita dan senang melihat kita," ujar Wailani Sung, DVM, PhD, ahli perilaku hewan peliharaan.

    2. Memijat barang di rumah

    Anda mungkin seringkali memperhatikan kucing Anda membuat gerakan memijat yang aneh pada selimut, bantal, atau bahkan diri Anda. Tindakannya benar-benar menggemaskan, tetapi itu juga pertanda bahwa suasana hati mereka sangat baik.

    "Kucing merasa puas dan aman ketika mereka diremas. Anda mungkin juga memperhatikan mereka mendengkur dan mata mereka setengah tertutup, yang seringkali merupakan tanda-tanda lain dari perasaan aman dan puas," ucap Shelly Zacharias, DVM, dokter hewan dan wakil presiden urusan medis di Gallant.

    3. Makan dengan baik

    Perawatan yang konsisten merupakan indikasi kesehatan dan kebahagiaan yang baik, memiliki nafsu makan juga merupakan tanda bahwa kucing Anda merasa baik-baik saja. Sebaliknya, kucing yang enggan makan kemungkinan besar sedang merasa tidak enak badan atau sedang stres. Anda pun bisa meneliti lebih lanjut tentang apakah makanan kucing pilihan Anda diganti.

    4. Ekor seperti bentuk tanda tanya

    Kucing menggunakan posisi ekor untuk memberi tahu kita tentang bagaimana perasaan mereka. Bahasa tubuh mereka dapat mengungkapkan banyak hal, tetapi tidak dapat mengungkapkan semuanya.

    "Posisi ekor adalah cara mereka untuk memberi tahu kami kapan mereka bahagia dan bermain-main, merasa terancam, takut, atau bahkan tidak enak badan. Kucing yang senang dan percaya diri memegangi ekornya pada posisi tanda tanya," jelas Dr. Zacharias. 





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id