Alasan Orang Suka Menyendiri

    Kumara Anggita - 21 Mei 2020 07:02 WIB
    Alasan Orang Suka Menyendiri
    Ada beberapa faktor mengapa seseorang suka sendiri. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Setiap orang membutuhkan waktu sendiri dan bahkan beberapa orang jatuh cinta pada kesendirian itu. Mereka bisa menghabiskan waktu yang lama untuk melakukan ini.

    Dilansir dari Psychology Today, ada beberapa faktor mengapa seseorang suka sendiri. Apa saja kira-kira alasan orang suka menyendiri?

    Berikut penjelasannya yang didapat dari  sebuah penelitian yang akan diterbitkan pada Januari 2019 di Journal of Adolescence, Profesor Virginia Thomas dari Wilmington College dan Margarita Azmitia dari University of California di Santa Cruz 

    Kesepian

    Seseorang bisa merasa sepi walaupun dikerumuni oleh banyak dan sebaliknya seorang bisa merasa tak sepi walaupun sendiri. Untuk membedakannya, Anda bisa cek apa yang Anda rasakan ketika sendiri. Bila Anda menghabiskan waktu sendirian untuk alasan-alasan positif seperti ingin refleksi, ingin lebih kreatif, atau semacamnya maka ini tidak ada hubungannya dengan kesepian. 

    Depresi

    Menghabiskan waktu sendirian untuk alasan negatif (menghindari berkontakan dengan orang) juga dikaitkan dengan perasaan depresi yang lebih besar. 

    Extraversion

    Menurutnya orang-orang dalam penelitiannya yang suka menghabiskan waktu sendirian untuk menghindari orang lain adalah orang yang bukan extraverted.

    Mengetahui siapa Anda

    Dalam penelitian tersebut ada pernyataan “Saya punya ide yang jelas tentang apa yang saya inginkan” yang bisa dipilih dan pola hasil yang sama muncul. Orang-orang yang menghabiskan waktu sendirian karena alasan negatif (menghindari orang lain)cenderung tahu siapa mereka.

    itulah beberapa alasan mengapa orang suka menyendiri. Anda termasuk yang mana?





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id