Sakit Kepala selama Kehamilan, Perlukah Khawatir?

    Raka Lestari - 05 September 2020 11:11 WIB
    Sakit Kepala selama Kehamilan, Perlukah Khawatir?
    Ilustrasi-Freepik
    Jakarta: Mual, muntah, lemas, dan juga jerawat merupakan keluhan yang mungkin sering dirasakan oleh ibu hamil (bumil). Akan tetapi, beberapa ibu juga melaporkan bahwa dirinya mengalami sakit kepala selama masa kehamilan. Jika hal ini terjadi, apakah ini perlu dikhawatirkan?

    Heather Levin, MD, seorang dokter spesialis kandungan dan kedokteran janin di Northwell Health, punya pandangan soal situasi bumil ini. Jika sakit kepala yang dialami sebelum kehamilan atau baru muncul pada saat kehamilan, sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter.

    “Dokter bisa membantu menentukan seberapa serius masalah tersebut. Sakit kepala selama kehamilan sebaiknya didiskusikan dengan dokter. Sakit kepala yang ringan atau sembuh sendiri biasanya tidak perlu dikhawatirkan dibandingkan sakit kepala parah dan terus-menerus,” jelas Levin.

    Dan memang, sakit kepala merupakan hal yang umum, terutama pada trimester pertama kehamilan. Biasanya cenderung berupa migrain.

    "Penyebabnya tidak terlalu jelas, tetapi kemungkinan karena berbagai faktor seperti perubahan hormon yang cepat pada awal kehamilan, mual dan dehidrasi, stres dan kurang tidur, dan perubahan pola makan, seperti penurunan asupan kafein,” kata Peter Kim, MD, seorang dokter spesialis kandungan di SCL Health Central Park OB-GYN.

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id