4 Keuntungan Belajar sambil Mendengarkan Musik

    Kumara Anggita - 30 Juli 2020 17:15 WIB
    4 Keuntungan Belajar sambil Mendengarkan Musik
    Ilustrasi-Freepik
    Jakarta: Beberapa orang suka belajar sambil mendengarkan musik. Tentunya ini dilakukan bukan karena mereka ingin terlihat keren saja.

    Mereka pasti merasa dengan mendengarkan musik, belajar jadi terasa lebih mudah. Kemudahan itu dapat dirasakan oleh banyak orang karena musik dapat:

    1. Memotivasi Anda

    Belajar membutuhkan motivasi dan ini tidak didapatkan dengan mudah. Musik bisa menjadi jalan mudah untuk membangun motivasi itu.

    Dilansir dari Healthline, penelitian dari 2019 menunjukkan musik dapat mengaktifkan pusat penghargaan yang sama di otak Anda, seperti hal lain yang Anda sukai. Menghargai diri sendiri dengan musik favorit dapat memberikan motivasi yang Anda butuhkan untuk mempelajari informasi baru.

    2. Meningkatkan mood

    Musik tidak hanya memotivasi Anda, melainjan dapat membantu mengurangi stres dan mempromosikan pola pikir yang lebih positif.

    Penelitian menunjukkan bahwa suasana hati yang baik umumnya meningkatkan hasil belajar Anda. Anda mungkin akan lebih berhasil dengan mempelajari materi baru saat Anda merasa baik.

    Belajar bisa membuat stres, terutama ketika Anda tidak sepenuhnya memahami materi pelajaran. Jika Anda merasa kewalahan atau kesal, memainkan beberapa musik dapat membantu Anda rileks dan bekerja lebih efektif.

    3. Meningkatkan fokus

    Menurut sebuah studi pada 2007 dari Fakultas Kedokteran Universitas Stanford, musik khususnya musik klasik dapat membantu otak Anda menyerap dan menafsirkan informasi baru dengan lebih mudah. Otak Anda memproses banyak informasi yang  dari dunia di sekitar Anda dengan memisahkannya menjadi segmen-segmen yang lebih kecil.

    Para peneliti menemukan bukti yang menunjukkan bahwa musik dapat melibatkan otak Anda sedemikian rupa. Sehingga melatihnya untuk memberikan perhatian yang lebih baik pada peristiwa dan membuat prediksi tentang apa yang mungkin terjadi.

    4. Membantu mengingat informasi baru

    Menurut sebuah studi pada 2014, mendengarkan musik klasik tampaknya membantu orang tua tampil lebih baik dalam tugas-tugas memori dan pemrosesan. Temuan ini menunjukkan jenis musik tertentu dapat membantu meningkatkan kemampuan menghafal dan fungsi kognitif lainnya.

    Musik membantu merangsang otak Anda, seperti halnya olahraga membantu merangsang tubuh Anda. Semakin banyak Anda melatih otot, semakin kuat otot itu. Memberi otak Anda latihan kognitif dapat membantu memperkuatnya dengan cara yang serupa.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id