Manfaat Memutus Beberapa Pertemanan

    Kumara Anggita - 12 Agustus 2020 09:04 WIB
    Manfaat Memutus Beberapa Pertemanan
    Memutus beberapa pertemanan ternyata memberikan cukup banyak manfaat. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Kebanyakan orang berpikir bahwa memiliki banyak teman adalah hal yang bagus. Namun nyatanya tidak selalu begitu. 

    Memutus beberapa pertemanan ternyata memberikan cukup banyak manfaat. Dikutip dari Psychology Today, salah satu manfaat memutus pertemanan memberi kita lebih banyak waktu untuk dihabiskan dengan orang-orang yang benar-benar berarti bagi kita. Semakin banyak teman yang kita fokuskan, semakin sedikit waktu yang kita miliki dengan mereka masing-masing. 

    Ini dibuktikan oleh satu penelitian yang menemukan bahwa memiliki lebih banyak kontak dikaitkan dengan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk berbicara satu sama lain. Studi lain mengungkapkan bahwa kita membutuhkan interaksi yang cukup untuk menjaga persahabatan. 

    Jika banyak orang yang kita temui maka kita mungkin lalai menghabiskan waktu bertatap muka dengan teman-teman yang penting, membuat persahabatan yang penting menjadi layu. Tentunya Anda tak mau berakhir dengan teman-teman yang hubungannya dangkal saja bukan?

    Semakin tua semakin selektif berteman

    Orang yang lebih tua tidak mau mengambil risiko itu. Teori selektivitas sosioemosional menemukan bahwa seiring bertambahnya usia kita beralih ke hubungan yang terasa bermakna dan melepaskan yang kurang bermakna. Penelitian menemukan bahwa  mereka yang memangkas pertemanan yang tidak dalam merasa lebih puas dengan persahabatan yang sudah lama mereka jaga.

    Persahabatan dengan orang yang lebih tua menunjukkan kepada kita bahwa teman yang banyak tidaklah selalu lebih baik dibanding teman yang sedikit namun dalam.



    (YDH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id