8 Barang yang Haram Dibuang jika Pindah Rumah

    Timi Trieska Dara - 16 Juli 2020 18:08 WIB
    8 Barang yang Haram Dibuang jika Pindah Rumah
    Saat pindah rumah, Anda dilanda dilema untuk menentukan mana barang yang dipertahankan, mana barang yang ditinggalkan. (Foto: Freepik)
    Jakarta: Anda bersiap untuk pindah rumah? Pasti akan menemukan kebingungan ketika harus memilih barang mana yang dipertahankan, dan mana yang akan ditinggalkan.

    Menerapkan metode KonMari (konsultan tata ruang Jepang, Marie Kondo), hindari hal-hal berlebihan yang hanya akan membuat kacau pikiran Anda. Untuk bisa mengatasinya, saat Anda membersihkan ruang, perhatikan delapan item ini yang tidak boleh Anda buang:

    1. Elektronik lama

    Bosan dengan ponsel, komputer, dan TV lama Anda yang berdebu di gudang? Pikir dua kali sebelum membuangnya dengan sampah.

    Gadget seperti ponsel pintar dan komputer yang berisi informasi pribadi dapat menimbulkan risiko privasi jika jatuh ke tangan yang salah. Untuk itu selalu bersihkan perangkat dari semua data dan file pribadi sebelum Anda membuangnya.

    8 Barang yang Haram Dibuang jika Pindah Rumah

    Dan, karena beberapa komponen elektronik dianggap limbah berbahaya, menggunakan kembali atau mendaur ulang perangkat elektronik Anda selalu menjadi pilihan lebih baik daripada membuangnya di tempat sampah. Cari pusat e-cycling lokal dan pengecer (seperti Best Buy and Staples) yang menerima barang elektronik lama.

    2. Dokumen penting

    Saat Anda memilah-milah kwitansi lama dan kertas sekolah, pastikan dokumen penting Anda tidak tercampur dalam tumpukan kertas rusak. Anda harus selalu menyimpan salinan fisik dokumen keuangan. Seperti pinjaman atau laporan investasi, surat-surat asuransi, catatan pajak seperti SPT Tahunan, dan pengembalian yang diajukan (agar aman, tahan selama setidaknya 7 tahun).

    8 Barang yang Haram Dibuang jika Pindah Rumah

    Jangan lupa dokumen identifikasi, seperti kartu sosial keamanan, akta kelahiran, dan paspor. Atur dokumen ini di tempat yang aman, di lemari arsip tahan api atau dikunci. Yang mudah diakses saat dibutuhkan.

    3. Catatan tulisan tangan

    Di era digital email dan pesan teks kita ini, menerima catatan tulisan tangan sangat istimewa. Jadi saat Anda membersihkan kekacauan kertas dari laci kantor Anda, pertimbangkan untuk menyimpan surat tulisan tangan, kartu, dan ephemera lainnya (seperti resep yang ditulis oleh nenek Anda) yang memiliki nilai sentimental.

    Membaca kembali catatan tulisan tangan dari orang yang dicintai dapat membantu Anda menghidupkan kembali kenangan berharga bertahun-tahun kemudian. Untuk melestarikan kertas-kertas ini selama bertahun-tahun yang akan datang, simpan kertas-kertas itu dalam sebuah kotak dengan tutup untuk mencegahnya mengumpulkan debu.

    4. Foto-foto

    Melihat foto-foto di kamera ponsel Anda tidak sama dengan memegang memori yang berharga di tangan Anda. Bahkan jika Anda memiliki salinan digital, Anda mungkin ingin menyimpan foto-foto yang dicetak (terutama dari anggota keluarga, hewan peliharaan, atau liburan favorit) untuk kembali lagi nanti. Pastikan untuk mengatur foto dalam album, kotak foto, atau bingkai untuk diamankan.

    5. Kaus yang tidak dipakai

    Selama pembersihan lemari, tumpukan kaus yang tidak pernah Anda pakai mungkin adalah salah satu hal pertama yang harus dilakukan. Tetapi kaus ini masih dapat digunakan untuk tujuan tertentu, meskipun itu bernoda, robek, atau tidak dapat dipakai.

    8 Barang yang Haram Dibuang jika Pindah Rumah

    Menyimpan beberapa kaus untuk digunakan kembali sebagai lap pembersih. Potong menjadi kotak untuk merapikan dapur, kamar mandi, dan banyak lagi.

    6. Buku

    Setelah Anda selesai membaca daftar bacaan Anda, jangan membuang buku-buku itu. Gunakan buku untuk aksesoris dan tambahkan warna pada rak terbuka atau meja kopi.

    Anda juga dapat menggunakan halaman untuk berbagai kerajinan buku yang pintar. Jika Anda benar-benar ingin membersihkan koleksi hardcover Anda, pertimbangkan untuk mengirimkannya di perpustakaan setempat atau dropbox sumbangan buku.

    7. Persediaan darurat

    Jika Anda belum menyentuh kotak persediaan darurat Anda dalam setahun terakhir, itu hal yang baik. Tapi itu tidak berarti Anda tidak akan pernah membutuhkannya, jadi perangkat darurat rumah Anda adalah satu hal yang tidak pernah dianggap sebagai kekacauan.

    8 Barang yang Haram Dibuang jika Pindah Rumah

    Persediaan kotak dengan botol air, makanan yang tidak mudah busuk, radio, baterai tambahan, kotak P3K, dan persediaan lainnya, dan tetap berguna jika terjadi bencana alam atau keadaan darurat lainnya. Periksa kit setiap 6 bulan dan ganti item yang sudah kedaluwarsa.

    8. Furniture pusaka

    Meja kopi atau kursi bersayap dari nenek Anda memiliki banyak sejarah keluarga yang dapat diwariskan kepada generasi mendatang. Tetapi jika itu bukan gaya Anda, tanyakan apakah anggota keluarga lain menginginkannya sebelum Anda menjual kembali atau menyumbangkannya.

    8 Barang yang Haram Dibuang jika Pindah Rumah

    Atau, jika karya itu tidak memiliki nilai sentimental terlalu banyak, cobalah menyegarkan perabot lama dengan cat baru atau perkakas baru. Jika tidak, pertimbangkan untuk menyewa unit penyimpanan untuk mengeluarkan perabotan pusaka yang tidak diinginkan dari rumah Anda sambil tetap menyimpannya di keluarga.

    (FIR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id