Tips agar Anak Menjadi Pemberani

    Raka Lestari - 12 Desember 2019 17:56 WIB
    Tips agar Anak Menjadi Pemberani
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Ketika sedang mencoba hal-hal baru, terkadang anak-anak membutuhkan sedikit dorongan dan dukungan dari orang tua. Dengan begitu, mereka bisa merasa nyaman mencoba hal-hal baru.

    Anak-anak pun bisa menjadi seseorang yang pemberani di kemudian hari. Namun terkadang banyak orang tua yang belum mengetahui kapan seharusnya memberikan dorongan atau dukungan kepada anak di waktu yang tepat.

    "Sangat penting bagi orang tua untuk mendorong keberanian pada anak-anak karena tindakan keberanian membangun harga diri, ketahanan, dan advokasi diri," ujar Darby Fox, seorang terapis anak-anak dan remaja yang berpraktik di New York dilansir Romper.

    “Keberanian atau kekuatan adalah dasar dari rasa kuat dan sebagai pedoman dalam diri mereka yang semakin penting, seiring bertambahnya usia dan kebutuhan untuk mengatasi rintangan yang tidak dapat kita kendalikan," tambahnya.

    Sementara menurut para ahli, ada beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua untuk mendorong anaknya menjadi pemberani. Yang pasti tanpa harus menakuti mereka.

    Hal itu sangat tergantung pada dukungan Anda, terkait keputusan yang mereka buat. Membebaskan anak untuk berekspresi atau mengambil risiko juga menjadi pendorongnya.

    Tips agar Anak Menjadi Pemberani
    Sempatkanlah mendampingi mereka melakukan hal-hal baru. (Foto: Ilustrasi Pexels)

    “Ketangguhan adalah perasaan keberanian. Seorang anak membutuhkan keberanian untuk secara efektif menangani emosi mereka, dan juga untuk mencoba pengalaman baru,” ujar Maureen Healy, psikolog anak dan penulis buku The Emotionally Healthy Child.

    “Ada banyak cara untuk bisa membangun anak menjadi seorang yang pemberani. Misalnya, Anda dapat membantu anak Anda memvisualisasikan dirinya sebagai pahlawan super yang berani dan kuat. Ini adalah teknik yang sangat efektif, tetapi ada banyak cara lainnya juga," tambah Healy.

    Ketika Anda mendorong anak Anda untuk berani dalam mengatakan sesuatu dan dalam tindakan mereka, Anda memberi mereka kekuatan yang mereka butuhkan untuk mengatasi tantangan yang akan terjadi dalam hidup mereka.

    "Setiap anak harus berani, sehingga mereka dapat mengembangkan kekuatan, ketahanan dan kapasitas untuk mengelola emosi mereka secara efektif. Keberanian adalah salah satu bahan utama untuk kesehatan emosi yang positif," tutup Healy.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id